Fakultas Kedokteran Universitas Andalas viii ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI KELAS VII MTSN 6 KOTA PADANG

Ulfa, Hulkarimah (2022) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas viii ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI KELAS VII MTSN 6 KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftra Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir fulltext)
Tugas Akhir Full Text Ulfa Hulkarimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI KELAS VII MTSN 6 KOTA PADANG Oleh Ulfa Hulkarimah Remaja putri yang telah mengalami menstruasi sudah sepatutnya mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksinya, salah satunya dengan cara melakukan tindakan personal hygiene yang baik saat menstruasi. Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tindakan personal hygiene saat menstruasi. Jika seseorang memiliki pengetahuan yang kurang mengenai personal hygiene saat menstruasi dapat meningkatkan resiko terkena Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) oleh karena itu pengetahuan awal tentang personal hygiene saat menstruasi bisa menjadi indikator penentuan kesehatan remaja tersebut pada saat dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan personal hygiene saat menstruasi pada siswi kelas VII MTSN 6 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional dilakukan di MTSN 6 Kota Padang pada bulan Februari – Maret 2022. Sampel pada penelitian ini yaitu siswi kelas VII yang telah mengalami menstruasi sebanyak 68 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis biavariat dengan menggunakan analisis chi-square (p< 0,05). Hasil analisis penelitian mengenai tingkat pengetahuan menunjukkan responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik (48,5 %) dan tindakan personal hygiene yang baik saat menstruasi (54,4%). Hasil analisis bivariat hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan personal hygiene didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan tindakan personal hygiene saat menstruasi pada siswi kelas VII MTSN 6 Kota Padang. Kata Kunci : Remaja putri, Tingkat Pengetahuan, Tindakan Personal Hygiene saat Menstruasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rosfita Rasyid, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Remaja putri, Tingkat Pengetahuan, Tindakan Personal Hygiene saat Menstruasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:06
Last Modified: 22 Apr 2022 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101925

Actions (login required)

View Item View Item