TINJAUAN NARATIF PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK

Diana, Rizki Amelia (2022) TINJAUAN NARATIF PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Pada sebagian daerah di Indonesia, cakupan imunisasi dasar lengkap tidak mencapai target, yang menandakan pelaksanaan program tidak berjalan dengan baik. Tidak berjalannya program imunisasi secara baik berhubungan dengan kecakapan petugas dalam melaksanakan program serta penerimaan orang tua terhadap program imunisasi. Penerimaan imunisasi oleh orang tua adalah sebuah perilaku yang berkaitan dengan pengetahuan dan sikap orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap, dan tindakan orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak. Metode Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian dilakukan pada bulan November 2021 hingga Februari 2022. Pencarian artikel diakses melalui database PubMed, Portal Garuda, Science Direct, Scopus dan Google Scholar. Artikel yang dipilih berdasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil Analisis dilakukan terhadap 20 artikel penelitian. Didapatkan hasil bahwa cakupan pengetahuan, sikap, dan tindakan orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak bervariasi di setiap daerah dan saling berhubungan dengan dipengaruhi berbagai faktor yang berbeda-beda seperti tingkat pendidikan, usia orang tua, pekerjaan, promosi kesehatan yang diberikan, dan dukungan dari berbagai pihak. Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Pada sebagian daerah di Indonesia, cakupan imunisasi dasar lengkap tidak mencapai target, yang menandakan pelaksanaan program tidak berjalan dengan baik. Tidak berjalannya program imunisasi secara baik berhubungan dengan kecakapan petugas dalam melaksanakan program serta penerimaan orang tua terhadap program imunisasi. Penerimaan imunisasi oleh orang tua adalah sebuah perilaku yang berkaitan dengan pengetahuan dan sikap orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap, dan tindakan orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak. Metode Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian dilakukan pada bulan November 2021 hingga Februari 2022. Pencarian artikel diakses melalui database PubMed, Portal Garuda, Science Direct, Scopus dan Google Scholar. Artikel yang dipilih berdasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil Analisis dilakukan terhadap 20 artikel penelitian. Didapatkan hasil bahwa cakupan pengetahuan, sikap, dan tindakan orang tua terhadap pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak bervariasi di setiap daerah dan saling berhubungan dengan dipengaruhi berbagai faktor yang berbeda-beda seperti tingkat pendidikan, usia orang tua, pekerjaan, promosi kesehatan yang diberikan, dan dukungan dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. dr. Hardisman, M.HID., Dr.PH, FRSPH
Uncontrolled Keywords: Imunisasi, Imunisasi Dasar, Imunisasi Dasar Lengkap, Anak, Orang Tua, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Tindakan, Vaksin.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:14
Last Modified: 22 Apr 2022 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101906

Actions (login required)

View Item View Item