Analisis Strategi Pengembangan Bisnis IKM MTB Menggunakan Metode Business Model Canvas

Fajrul, Hidayat (2022) Analisis Strategi Pengembangan Bisnis IKM MTB Menggunakan Metode Business Model Canvas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Industri Kecil Menengah (IKM) tahu MTB adalah salah satu IKM tahu di Kota Padang yang berlokasi di Jalan Usang, Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. IKM MTB memiliki cukup banyak pesaing yang bergerak di usaha tahu di Kota Padang, IKM MTB juga mengalami fluktuasi pada jumlah produksi selama 15 bulan, selain itu promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh IKM MTB masih belum optimal, sehingga IKM ini perlu meningkatkan jumlah produksi, promosi dan memperluas area pemasaran produk. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan strategi bisnis yang tepat agar IKM MTB dapat meningkat dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi dalam pengembangan IKM MTB dan merekomendasikan model bisnis baru pada IKM MTB. Tahapan pada penelitian ini yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini berdasarkan 9 elemen kunci Business Model Canvas. Selanjutnya dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikombinasikan dengan analisis Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT). Setelah dilakukan analisis SWOT, dilakukan tahap perumusan strategi dengan tiga tahapan, yaitu tahap input matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), tahap pencocokan matriks SWOT dan matriks Internal External (IE) dan yang terakhir yaitu tahap keputusan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat bagi IKM MTB. Strategi tersebut digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada IKM MTB, posisi IKM MTB berada dalam keadaan tumbuh dan membangun. Strategi utama yang dapat dilakukan IKM MTB adalah strategi intensif antara lain mendirikan kios yang mudah dijangkau oleh konsumen, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kerja sama dengan mitra dan retailer, meningkatkan kapasitas produksi, melakukan kerja sama dengan retailer, melakukan promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan menetapkan pemesanan dan pembayaran diawal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Afri Adnad, M.T Hilma Raimona Zadry, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas, Matriks IE, Matriks SWOT, Tahu, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:42
Last Modified: 21 Apr 2022 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101799

Actions (login required)

View Item View Item