Pengaruh Brisk Walking Exercise Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2021

Teguh, Wiradharma (2022) Pengaruh Brisk Walking Exercise Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2022 Nama : Teguh Wiradharma BP : 2011316034 PENGARUH BRISK WALKING EXERCISE TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG TAHUN 2021 ABSTRAK Angka prevalensi hipertensi diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Hipertensi apabila tidak diobati dan ditanggulangi, maka dalam jangka panjang akan menyebabkan komplikasi. Aktivitas fisik merupakan pengobatan non farmakologi untuk mengatasi hipertensi. Kurangnya melakukan aktivitas fisik menjadi alasan utama dilakukan Brisk Walking Exercise. Brisk Walking Exercise merupakan salah satu bentuk moderate aerobic exercise yang direkomendasikan oleh ahli jantung di Amerika dan Eropa sebagai salah satu perubahan gaya hidup pasien hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh brisk walking exercise terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi di Puskesmas Air Tawar kota Padang tahun 2021. Desain penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperiment dengan rancangan pre dan post test without control dengan populasi 256 pasien hipertensi di Puskesmas Air Tawar dan sampel berjumlah 15 orang dengan teknik puposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021 sampai Maret 2022. Hasil penelitian ini menggunakan uji paired t test terhadap tekanan darah sistole dan diastole dengan tingkat kepercayaan 95% atau nilai α = 0,05 didapatkan p-value = 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan tekanan darah sistole dan diastole yang bermakna setelah diberikan brisk walking exercise pada pasien hipertensi. Diharapkan kepada masyarakat yang menderita hipertensi dapat melakukan brisk walking exercise tiga kali seminggu sebagai salah satu penatalaksanaan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kata kunci : brisk walking exercise, hipertensi, tekanan darah Daftar Pustaka : 61 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ESI AFRIYANTI, S,Kp., M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:27
Last Modified: 21 Apr 2022 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101782

Actions (login required)

View Item View Item