Persepsi Mahasiswa Profesi Kesehatan terhadap Interprofessional Education di RS Unand

Bella, Alvina Lim (2022) Persepsi Mahasiswa Profesi Kesehatan terhadap Interprofessional Education di RS Unand. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Interprofessional Education (IPE) merupakan pendekatan kurikulum di mana mahasiswa dari berbagai latar belakang profesi kesehatan berkolaborasi dalam satu tempat untuk saling belajar dan mengenal, serta mengapresiasi peran dari masing– masing profesi kesehatan untuk mencapai suatu kolaborasi dan kerjasama tim demi kemajuan pelayanan kesehatan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross – sectional. Penelitian dilakukan di RS Unand dengan total sampel sebanyak 51 orang yang terdiri atas 8 orang mahasiswa Profesi Dokter, 19 orang mahasiswa Profesi Bidan, 16 orang mahasiswa Profesi Perawat, dan 8 orang mahasiswa Profesi Apoteker. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Interdiciplinary Education Perception Scale (IEPS). Sebanyak 40 mahasiswa (78,4%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE dengan komponen persepsi kompetensi dan autonomi memiliki persentase tertinggi (82,4%) dan komponen persepsi pemahaman mengenai profesi lain memiliki persentase terendah (62,7%). Mahasiswa Profesi Perawat memiliki persentase persepsi tertinggi (87,5%), sedangkan mahasiswa Profesi Apoteker memiliki persentase persepsi terendah (62,5%). Mahasiswa tahun pertama (83,3%) memiliki persentase persepsi lebih tinggi dibandingkan mahasiswa tahun kedua (75,8%). Persepsi mahasiswa profesi kesehatan terhadap IPE di RS Unand sebagian besar dalam kategori baik namun, pemahaman mengenai profesi lain masih kurang sehingga hal ini perlu diperhatikan dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yevri Zulfiqar, Sp. B, Sp. U(K)
Uncontrolled Keywords: persepsi, interprofessional education, mahasiswa profesi kesehatan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:47
Last Modified: 19 Apr 2022 01:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101668

Actions (login required)

View Item View Item