Profil Klinis dan Kejadian Kardiovaskular Mayor Selama Rawatan pada Pasien Infark Miokard Akut dengan Elevasi Segmen ST Usia Muda di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017 - 2019

Fitri, Khairani Yusran (2022) Profil Klinis dan Kejadian Kardiovaskular Mayor Selama Rawatan pada Pasien Infark Miokard Akut dengan Elevasi Segmen ST Usia Muda di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017 - 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insiden infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST) pada berbagai penelitian bervariasi, namun saat ini memiliki pola yang cukup konsisten yaitu menjadi relatif lebih umum diderita pasien usia lebih muda. IMA-EST yang terjadi pada usia muda menimbulkan morbiditas dan mortalitas dini pada tahun-tahun paling produktif kehidupan seseorang. Kejadian kardiovaskular mayor (KKM) menjadi komplikasi infark miokard yang secara langsung memiliki hubungan dengan tingkat harapan hidup pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil klinis dan KKM selama rawatan pada pasien IMA-EST usia muda di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017 – 2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif retrospektif menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan November sampai Desember tahun 2021. Data pasien didapatkan dari rekam medik dan kemudian diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Penelitian ini menunjukkan dari 100 pasien usia muda, rerata usia pasien IMA-EST adalah 39 tahun dengan rentang usia 24 – 44 tahun, jenis kelamin laki-laki (95%), faktor risiko merokok (89%), onset gejala < 12 jam (80%), lokasi anterior (60%), single vessel disease (45%), arteri left anterior descending (48%), 96 pasien mendapat terapi reperfusi dengan terapi terbanyak yaitu intervensi koroner perkutan (75%), komorbid pneumonia (21%) dan memiliki Killip I (80%). Kejadian kardiovaskular mayor selama rawatan dialami oleh 4 orang pasien dengan semuanya mengalami kematian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rita Hamdani, Sp.JP(K)
Uncontrolled Keywords: profil klinis, IMA-EST, usia muda, kejadian kardiovaskular mayor
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:44
Last Modified: 19 Apr 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101663

Actions (login required)

View Item View Item