Allysa, Melania Salsabila (2022) KETERBUKAAN INFORMASI KEPADA PUBLIK MENGENAI COVID-19 OLEH PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT MELALUI AKUN INSTAGRAM @humas.sumbar. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (471kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (437kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Tugas_Akhir_Utuh_Allysa_Melania_Salsabila_1710863017.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kasus Covid-19 pertama kali terjadi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Bulan Juni 2020, seluruh provinsi di Indonesia sudah memiliki pasien positif Covid-19. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggunakan media sosial sebagai jembatan untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan masyarakat saat terjadinya Covid-19. Keterbukaan informasi yang Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berikan melalui akun Instagram @humas.sumbar pada saat terjadinya Covid-19. Sehingga menjadikan peneliti tertarik mengangkat permasalahan ini. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis transparansi dari keterbukaan informasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui akun Instagram @humas.sumbar dan respon yang muncul di masyarakat akibat keterbukaan informasi mengenai Covid-19 pada akun Instagram @humas.sumbar. Dalam membahas penelitian ini, peneliti menggunakan teori kredibilitas sumber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi non-participant dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemerintah dalam pemberian informasi mengenai Covid-19 tidak berjalan dengan baik sehingga berdampak kepada tidak transparan informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada akun Instagram @humas.sumbar. Selain itu, respon masyarakat yang terjadi akibat pemberitaan Covid-19 pada akun Instagram @humas.sumbar cukup baik, namun adanya beberapa kendala pada pengelolaan akun tersebut menyebabkan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat tidak lancar dan berdampak kepada minimnya transparansi dan respon balik dari pemerintah. Kata Kunci : Covid-19, Keterbukaan Informasi Publik, Komunikasi Pemerintah, Respon, Transparansi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 07:15 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 07:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101659 |
Actions (login required)
View Item |