Validasi dan Aplikasi Metode MPM pada Penentuan Kandungan Antioksidan Total pada Infusa Sawi Hijau (Brassica rapa var.parachinensis L.) Sistem Hidroponik dan Konvensional

Julpadri, Julpadri (2022) Validasi dan Aplikasi Metode MPM pada Penentuan Kandungan Antioksidan Total pada Infusa Sawi Hijau (Brassica rapa var.parachinensis L.) Sistem Hidroponik dan Konvensional. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sawi hijau merupakan sayuran yang banyak mengandung senyawa organik dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit serta memiliki kandungan antioksidan total yang dapat menangkal radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas metode MPM untuk penentuan kandungan antioksidan total pada infusa sawi hijau (Brassica rapa var.parachinensis L.) dan juga menentukan perbandingan kandungan antioksidan total pada infusa sawi hijau (Brassica rapa var.parachinensis L.) yang ditanam dengan sistem hidroponik dan konvensional. Validasi metode yang dilakukan dengan menggunakan parameter linieritas, standar deviasi relatif, persen akurasi, batas deteksi dan batas kuantifikasi menunjukkan bahwa metode MPM ini valid digunakan untuk penentuan kandungan antioksidan total dalam sampel sawi hijau hidroponik dan konvensional. Pengukuran absorban dilakukan menggunakan alat spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 510 nm. Kandungan antioksidan total yang didapatkan untuk sawi hijau hidroponik dan konvensional tidak berbeda nyata yaitu sebesar 1,64±0,14 mg AA/g FW dan 1,62±0,17 mg AA/g FW, berturut-turut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yefrida, M.S
Uncontrolled Keywords: Sawi Hijau, metode MPM, antioksidan, hidroponik, spektrofotometri UV-Vis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:55
Last Modified: 13 Apr 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101557

Actions (login required)

View Item View Item