Model “PAJAR” Berbasis Aplikasi Family Care Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Keluarga Dalam Membentuk Orietasi Seksual Anak Jelang Remaja

Lili, Fajria (2021) Model “PAJAR” Berbasis Aplikasi Family Care Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Keluarga Dalam Membentuk Orietasi Seksual Anak Jelang Remaja. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Text (DISERTASI FULL TEXT)
Disertasi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya pembentukan orientasi seksual pada anak dimulai sejak anak usia balita, dan puncaknya pada periode anak jelang remaja. Upaya ini perlu dilakukan keluarga sebagai wadah utama bagi anak dalam belajar. Keluarga memiliki peran penting dalam pengasuhan, dengan memberikan arahan yang jelas terkait gender, sehingga dibutuhkan kemampuan keluarga dalam pengasuhan yang baik. Namun belum semua keluarga memiliki kemampuan dalam pengasuhan terkait orientasi seksual pada anak, akibatnya perilaku seksual menyimpang terus meningkat. Hal ini diperberat dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pengasuhan pada Anak Jelang Remaja (“PAJAR”) bagi keluarga dalam meningkatkan kemampuan keluarga membentuk orientasi seksual pada remaja. Metode penelitian dilakukan secara mix-method pada keluarga yang ada di Kota Padang. Instrumen yang digunakan adalah modul dan aplikasi “PAJAR” yang dibangun dari kebutuhan keluarga dalam melakukan pengasuhan. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan keluarga dalam mengenal masalah orientasi seksual (p=0,001), mendeteksi resiko penyimpangan (p=0,006) dan melakukan perawatan serta memodifikasi lingkungan (p=0,001) dalam pengasuhan anak jelang remaja di kota Padang. Aplikasi “PAJAR” dapat menjadi rujukan dalam melakukan pelayanan kesehatan pada remaja di Puskesmas maupun di kelompok-kelompok remaja. Perlu kebijakan pemerintah dan komitmen yang tinggi dari petugas pemegang program remaja untuk menggunakan aplikasi “PAJAR” dalam pelayanan kesehatan pada remaja. Kata Kunci : Model “PAJAR”, Anak Jelang Remaja, Kemampuan keluarga Daftar Pustaka: 111 (1991-2020)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nuzulia Irawati, M.S
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:43
Last Modified: 26 Apr 2022 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101464

Actions (login required)

View Item View Item