FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI IMPLAN PADA AKSEPTOR KB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA BUAT

Annisa, Nur Al Izza MH (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI IMPLAN PADA AKSEPTOR KB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA BUAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan penelitian Pertambahan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat dapat menimbulkan masalah, salah satunya kualitas penduduk yang buruk. Hal ini dapat diatasi dengan program keluarga berencana (KB) yaitu dengan menggunakan kontrasepsi. salah satunya implan. Implan merupakan kontrasepsi yang aman dan efektif untuk mencegah kehamilan. Namun penggunaan kontrasepsi implan pada tahun 2020 di Kabupaten Bungo mengalami penurunan yakni pada peringkat 3 terendah dari 11 kabupaten/kota di provinsi Jambi sebesar 6,85%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan kontrasepsi implan di wilayah kerja Puskesmas Muara Buat di Kecamatan Batin III Ulu Kabupaten Bungo. Metode Penelitian kuantitatif desain cross sectional study, dilakukan di wilayah kerja puskesmas Muara Buat dari bulan Februai 2021 sampai Januari 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah akseptor KB aktif di wilayah kerja puskesmas Muara Buat sebanyak 98 responden. Sampel diambil dengan teknik systematic random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0,05) Hasil Hasil penelitian menunjukkan 25 orang (25,5%) memilih menggunakan implan. Analisis bivariat menunjukkan pengetahuan, sikap, dukungan suami, dan dukungan tenaga kesehatan dengan nilai p masing-masing p=0,011, p=0,000, p=0,007, p=0,341 Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, dan dukungan suami dengan pemilihan kontrasepsi implan, namun tidak terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan tenaga kesehatan dengan pemilihan kontrasepsi implan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sunesni, SST., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: KB, Kontrasepsi Implan, Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami, Dukungan Tenaga Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:59
Last Modified: 08 Apr 2022 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101344

Actions (login required)

View Item View Item