Hubungan Komunikasi Persuasif dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Musrenbang Nagari (Studi Pada Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung)

Rita, Riswanti (2022) Hubungan Komunikasi Persuasif dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Musrenbang Nagari (Studi Pada Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Ful Bab Tesis 2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi persuasif adalah proses pengiriman pesan, ide, pemikiran, atau konsep dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan meyakinkan, mendorong, atau merayu komunikator untuk mengubah pandangan, pemikiran, nilai, atau sikapnya dengan cara yang diharapkan komunikator. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan tingkat komunikasi persuasif dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan musrenbang di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung (2) menjelaskan hubungan komunikasi persuasif dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan musrenbang di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional, dengan tujuan untuk menentukan keterkaitan antar variabel dengan menggunakan paradigma positivistik. Populasi penelitian berjumlah 120 orang sedangkan sampel penelitian berjumlah 60 orang. Kuesioner/angket adalah metode pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel secara sengaja (Sampling Insidental). Dengan bantuan SPSS 25.00 for Windows, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh penyelenggara Musrenbang tergolong baik. (2) Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh penyelenggara Musrenbang memiliki hubungan yang positif dengan partisipasi masyarakat yang dibuktikan dengan bertambahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Partisipasi, Musrenbang Nagari
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:59
Last Modified: 20 Apr 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101219

Actions (login required)

View Item View Item