PERANCANGAN APLIKASI REKAM MEDIS PADA KLINIK MEDIKA ANDALAS

Muhammad, Zakry Zoekruf (2022) PERANCANGAN APLIKASI REKAM MEDIS PADA KLINIK MEDIKA ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem informasi merupakan hal yang penting dalam perkembangan zaman saat ini, dimana sistem informasi hampir digunakan dalam semua bidang, termasuk fasilitas kesehatan. Sistem informasi dalam dunia kesehatan memiliki peran yang cukup besar dalam menyelesaikan persoalan manajemen pada fasilitas kesehatan. Salah satu persoalan yang muncul adalah pengelolaan data yang banyak dan kompleks. Klinik Pratama Medika Andalas merupakan salah satu klinik pratama yang ada di kota Padang. Klinik Pratama Medika Andalas dalam perekapan data masih melakukan perekapan manual tanpa ada bantuan sistem informasi manajemen. Perekapan dilakukan menjadi dua bagian rekam medis yaitu perekapan untuk pasien BPJS dan umum. Perekapan untuk pasien BPJS dilakukan menggunakan aplikasi BPJS sedangkan untuk pasien umum tidak dilakukan perekapan. Aplikasi BPJS memiliki berbagai kendala seperti server yang melambat, tampilan yang rancu, dan sering error ketika dilakukan penginputan data, hal ini disebabkan oleh aplikasi diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan seluruh Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam pelaksanaan proses bisnis pada klinik. Sistem dirancang berdasarkan data proses bisnis aktual yang ada pada klinik Medika Andalas. Metode pengembangan yang digunakan adalah Agile Software Development. Tahapan perancangan diawali dengan menentukan kebutuhan sistem yaitu wawancara dengan Direktur, Wakil direktur dan Staf Administrasi. Tahapan pemodelan sistem menggunakan diagram UML. Kemudian dilakukan pemrograman menggunakan PHP dan MySQL. Setelah itu dilakukan verifikasi dan validasi terhadap rancangan sistem untuk mengetahui kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Hasil perancangan aplikasi yang dibuat adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat melakukan penyimpanan data berupa data rekam medis, data rekapan biaya, dan data rekapan kunjungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada Klinik Medika Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Agile Software Development Method, UML
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:32
Last Modified: 13 Apr 2022 06:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101179

Actions (login required)

View Item View Item