Pengaruh Penambahan Campuran Ekstrak Daun Sungkai (Peronema canescens Jack) dan Ekstrak Cassia Vera (Cinnamomum burmannii Nees ex Blume) terhadap Mutu Permen Jelly

Kania, Fabrella (2022) Pengaruh Penambahan Campuran Ekstrak Daun Sungkai (Peronema canescens Jack) dan Ekstrak Cassia Vera (Cinnamomum burmannii Nees ex Blume) terhadap Mutu Permen Jelly. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Kania Fabrella.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I_Kania Fabrella.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V_Kania Fabrella.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Kania Fabrella.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Skripsi_Kania Fabrella.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permen jelly merupakan produk pangan bertekstur lunak yang dibuat menggunakan sorbitol sebagai pengganti sukrosa dengan penambahan bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan kesehatan pada kelompok tertentu yang bisa mengonsumsi permen jelly. Bahan-bahan alami, seperti daun sungkai dan cassia vera secara efektif mampu meningkatkan kesehatan jika dikonsumsi pada konsentrasi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran ekstrak daun sungkai dan ekstrak cassia vera terhadap mutu total (fisik, kimia, dan sensori) serta mengetahui perlakuan terbaik dari permen jelly yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuannya adalah: A (100% ekstrak daun sungkai dan 0% ekstrak cassia vera), B (75% ekstrak daun sungkai dan 25% ekstrak cassia vera), C (50% ekstrak daun sungkai dan 50% ekstrak cassia vera), D (25% ekstrak daun sungkai dan 75% ekstrak cassia vera), dan E (0% ekstrak daun sungkai dan 100% ekstrak cassia vera). Data dianalisis secara statistik menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil pengamatan, penambahan campuran ekstrak daun sungkai dan ekstrak cassia vera berpengaruh terhadap mutu total (fisik, kimia, dan sensori) permen jelly. Perlakuan terbaik adalah penambahan 25% ekstrak daun sungkai dan 75% ekstrak cassia vera yang menghasilkan permen jelly dengan tingkat elastisitas (5,81 N/cm2), kadar air (23,67%), kadar abu (0,05%), gula reduksi (12,26%), Aw (0,635), energi (43,20 kkal/15g), aktivitas antioksidan (62,58%), dan LC50 (1075,68 ppm) dengan tingkat penerimaan panelis terhadap warna (3,9), aroma (3,8), rasa (3,9), tekstur (4,0), dan kesukaan secara keseluruhan (4,0) dari skala nilai 1-5 (sangat tidak suka sampai sangat suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun sungkai, ekstrak cassia vera, permen jelly, mutu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:10
Last Modified: 04 Apr 2022 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101172

Actions (login required)

View Item View Item