PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PERTAMINA IT TELUK KABUNG

MUHAMMAD FARRAZ, ABYL UTAMA (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PERTAMINA IT TELUK KABUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina IT Teluk Kabung. Dalam implementasinya, pelaksanaan CSR PT Pertamina IT Teluk Kabung berjalan secara berkelanjutan dikarenakan dalam merancang suatu program berangkat dari masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat dan diselesaikan dengan potensi yang ada pada masyarakat itu sendiri. Dengan melibatkan masyarakat sejak awal program membuat masyarakat memiliki tingkat partisipasi yang tinggi sehingga program berjalan optimal, sehingga hal ini menjadi menarik untuk diteliti. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori partisipatoris Britha Mikkelsen yaitu membahas dalam proses pembangunan baik masyarakat dan perusahaan sama-sama bertujuan untuk melakukan perubahan, namun tipe atau cara pelibatannya beragam. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan metode kualitatif, yang mana data yang diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sudah dilibatkan sejak awal program dirancang, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi sehingga program berjalan secara optimal. Perusahaan memiliki beberapa strategi dalam menjalankan program CSR yang tepat sasaran dan berkelanjutan bersama masyarakat seperti merancang program CSR berdasarkan kebutuhan dan potensi masyarakat, membangun hubungan baik dengan stakeholder setempat, dan melibatkan pihak ketiga dalam pelaksanaan teknis program. Adapun hasil yang didapatkan oleh masyarakat setelah mengikuti program ini adalah masyarakat membentuk kelompok usaha bersama menjahit, mereka membuka usaha dan dari situ mereka memperoleh penghasilan, serta meningkatnya kesejahteraan keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alfitri, MS
Uncontrolled Keywords: CSR, Partisipasi Masyarakat, PT Pertamina (Persero)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:24
Last Modified: 30 Mar 2022 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100998

Actions (login required)

View Item View Item