Motif Empat Pemilik Coffee Shop Memilih Barista Perempuan di Kota Padang

Okta, Rama Putri Zule (2022) Motif Empat Pemilik Coffee Shop Memilih Barista Perempuan di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT E-SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menjamurnya coffee shop di Kota Padang berdampak pada kebutuhan coffee shop untuk menghadirkan barista. Pada awalnya pekerjaan sebagai barista umumnya dilakukan oleh laki-laki, namun saat sekarang pekerjaan ini telah mengalami perubahan dengan hadirnya perempuan yang membawa bermacam reaksi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif pemilik coffee shop memilih barista perempuan. Dengan demikian, terdapat tujuan khusus dalam penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu mendeskripsikan because motive pemilik coffee shop memilih barista perempuan dan in order to motive pemilik coffee shop memilih barista perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz. Untuk memahami sebuah tindakan, Schutz membuat perbedaan terhadap motif-motif dari sebuah tindakan yaitu because motive dan in order to motive. Pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif digunakan dalam penelitian ini agar dapat mencapai tujuan penelitian. Dalam penelitian ini informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, selanjutnya pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa motif pemilik coffee shop memilih barista perempuan dari empat informan yaitu because motive diantaranya (1) perempuan lebih bersih dan rapi, (2 ) memiliki daya tarik, dan (3) menekan biaya operasional. Sedangkan in order to motive diantaranya (1) media promosi melalui Instagram, (2) barista perempuan akan berkesan untuk pelanggan, dan (3) membangun image barista perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Uncontrolled Keywords: Coffee Shop, Barista Perempuan, Motif
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:58
Last Modified: 22 Mar 2022 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100594

Actions (login required)

View Item View Item