TY - UNPB N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait bagaimana strategi diplomasi publik yang dilakukan oleh Indonesia untuk meningkatkan pariwisata halal tahun 2019-2023. Besarnya prospek pariwisata halal membuat Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata halal, pada tahun 2019 Indonesia telah berhasil meraih peringkat terbaik dunia pariwisata halal namun mengalami penurunan pada tahun 2020, 2021, 2022. Penurunan performa pariwisata halal Indonesia disebabkan oleh beberapa hambatan seperti Pandemi Covid-19, lemahnya sertifikasi halal dan travel advisory yang dikeluarkan oleh negara lain untuk Indonesia. Penelitian ini menggunakan kerangka konsep diplomasi publik yang ditawarkan oleh Mark Leonard dengan tiga dimensi yang harus dicapai yaitu News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif karena data-data yang diperoleh berasal dari literatur-literatur yang relavan dengan isu yang dibahas. Ditemukanlah bahwa terdapat beberapa strategi diplomasi publik yang dilakukan oleh Indonesia guna meningkatkan pariwisata halal yaitu melalui pemanfaatan sosial media, pemanfaatan situs web, Visa on Arrival, peningkatan sertfikasi halal, respon Indonesia terhadap travel advisory, pameran dan festival, kongres, dan kerjasama bilateral dan multilateral sehingga pada tahun 2023 Indonesia berhasil meraih kembali peringkat pariwisata halal terbaik dunia berdasarkan laporan yang dirilis oleh Global Muslim Travel Index. A1 - Fitra, Aulia TI - STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA HALAL TAHUN 2019-2023 Y1 - 2024/02/21/ PB - Universitas Andalas ID - skripsi465477 UR - http://scholar.unand.ac.id/465477/ M1 - diploma N1 - Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si KW - Pariwisata Halal KW - Pariwisata Indonesia KW - Diplomasi Publik AV - restricted ER -