TY - UNPB Y1 - 2024/02/13/ ID - skripsi465038 PB - Universitas Andalas TI - FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI YOUTUBE OLEH PETANI BAWANG MERAH DI KOTA BUKITTINGGI A1 - Khairunnisa, Najla N2 - Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bukittinggi yang bertujuan untuk; untuk Mendeskripsikan pemanfaatan media informasi youtube oleh petani bawang merah di kota Bukittinggi dan Menganalisis faktor faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan media informasi youtube oleh petani bawang merah di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada Pemanfaatan media Informasi di Kota Bukittinggi banyaknya petani yang menggunakan media youtube dibandingkan penggunaan media cetak atau brosur. Dikarenakan media youtube mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Informasi yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan petani, yang melibatkan tiga aspek : pembibitan, pengendalian hama penyakit tanaman, dan proses pasca panen pada tanaman bawang merah. Sebanyak 28 petani merasa mudah mengakses informasi yang ada pada media informasi youtube ini dari 2 petani lainnya. Tidak hanya itu 86,7 % petani merasa puas terhadap media informasi youtube yang telah dimanfaatkan, karena dengan adanya informasi youtube dapat membantu petani menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh petani dalam usahatani. Hasil deskripsi didapatkan hasil pengukuran pemaanfaatan media menggunakan skala likert dengan menjumlahkan skor penilaian dan didapatkan nilai yaitu sebesar 1,99 dengan kata lain rentang nilai tingkat pemanfaatan media informasi youtube dapat dikategorikan sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media informasi youtube antara lain: umur, pendidikan, luas lahan, pengalaman, karakteristik media, dan persepsi petani. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil signifikan hanya pada variabel persepsi petani. Persepsi petani merupakan cara petani melihat, memahami, dan mengevaluasi kegunaan media youtube yang telah ada. Petani menilai bahwasannya media youtube memiliki informasi yang sesuai dengan kebutuhan petani bawang merah dan informasi dapat mudah dipahami dan mudah diaplikasikan secara langsung pada usaha taninya sehingga persepsi petani berpengaruh terhadap pemanfaatan media informasi youtube. Kata kunci: Informasi, Media, Pemanfaatan, Petani, youtube. AV - restricted M1 - diploma UR - http://scholar.unand.ac.id/465038/ ER -