STUDI PEMANFAATAN FASILITAS PEJALAN KAKI (STUDI KASUS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN PADANG)

YOHANDRA, ARIF (2014) STUDI PEMANFAATAN FASILITAS PEJALAN KAKI (STUDI KASUS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
201410271033th_yohandra arif 0910923120.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Berjalan kaki adalah merupakan sarana transportasi yang paling sederhana, tetapi berada pada posisi yang lemah dan rentan terhadap konflik atau kecelakaan saat bercampur dengan moda transportasi yang lain. Maka prasarana pejalan kaki sangat membutuhkan yaitu trotoar, jembatan penyeberang, zebra cross, dan lain-lain. Jika fasilitas-fasilitas tersebut tidak tersedia dan tidak layak pakai maka besar kemungkinan terjadinya konflik antara kendaraan dengan pejalan kaki. Oleh karena itu Kota Padang di Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan lokasi studi yang tepat untuk di teliti oleh peneliti karena merupakan kawasan pusat kegiatan. Metoda yang digunakan dalam pengembilan data dengan merekam menggunakan handycam dipasang selama 6 jam sibuk (pagi,siang,sore) dan berupa kuisioner karakteristik responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisa deskriptif, kemudian analisa data dengan tingkat pelayanan trotoar berdasar US Highway Capacity Manual (HCM-2000), dan analisa penentuan fasilitas penyeberangan dengan satuan PV2 yang berdasarkan Direktorat Jendral Bina Marga 1995. Maka dapat disimpulkan bahwa trotoar Jalan Perintis Kemerdekaan di depan Rumah Sakit M.Djamil sisi barat dan timur tingkat pelayanan A, Jalan Perintis Kemerdekaan depan Fakultas Ekonomi UNAND No.77 di sisi barat dan timur tingkat pelayanan A. Untuk penyeberang Jalan Perintis Kemerdekaan di depan Rumah Sakit M.Djamil didapatkan PV2 6.61x 10⁸ dengan penentuan fasilitas penyeberangnya pelican dengan lapak tunggu, Jalan Perintis Kemerdekaan depan Fakultas Ekonomi UNAND No.77 di dapatkan PV2 6.86x 10⁸ dengan penentuan fasilitas penyeberangnya pelican cross. Dan karakteristik pejalan kaki dan penyeberang masih banyak berjalan tidak di tempat yang telah di sediakan. Hal ini akan membuat keselamatan pejalan kaki dan penyeberang tidak terjamin keselamatannya. Kata kunci : Karakteristik, pejalan kaki, penyeberang jalan, tingkat pelayanan pejalan kaki, penentuan jenis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 01 Jun 2016 10:01
Last Modified: 01 Jun 2016 10:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item