Thania, Pratiwi Fahmi (2021) Analisis Pemasaran Biji Kopi Beras dari Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 (Kesimpulan))
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR ILMIAH FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pemasaran biji kopi beras dari Nagari Guguak Malalo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan lembaga pemasaran yang terlibat dan fungsi-fungsi lembaga pada saluran pemasaran beras kopi di Nagari Guguak Malalo. (2) Menghitung margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi biaya saluran pemasaran biji kopi beras di Nagari Guguak Malalo. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 2 saluran pemasaran biji kopi beras, yaitu: saluran 1: petani – pedagang pengumpul tingkat 1 – pedagang pengumpul tingkat 2 – industri, saluran 2: petani – pedagang pengumpul tingakat 2 – industri. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran biji kopi beras adalah fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Margin pemasaran yang paling kecil terdapat pada saluran 2 yaitu sebesar Rp 1.000/kg. berdasarkan efisiensi pemasaran saluran 2 merupakan saluran yang lebih efisien karena memiliki nilai persentase efisiensi pemasaran terkecil yaitu sebesar 0,92%. Berdasarakan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah: (1) sebaiknya kelompok tani di Nagari Guguak Malalo mencoba untuk berperan dalam memasarkan biji kopi beras. (2) akan sulit mengalihkan petani untuk menerapkan saluran 2 karena ikatan kekeluargaan yang erat, maka peneliti hanya bisa menyarankan jika jumlah produksi kopi petani lebih banyak dari biasanya dan mencukupi untuk langsung dijual kepada pengumpul tingkat 2, petani bisa mencoba untuk menerapkan saluran 2 dalam memasarkan biji kopi berasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr.Ir. Nofialdi, MSi |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Biji Kopi Beras, Margin, Efisiensi |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 06:45 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 06:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99672 |
Actions (login required)
View Item |