FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GEJALA KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI CABAI DI KENAGARIAN LUBUK GADANG KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2021

Sri, Wahyuni (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GEJALA KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI CABAI DI KENAGARIAN LUBUK GADANG KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian pendahuluan menunjukkan 80% responden di Nagari Lubuk Gadang mengalami gejala keracunan pestisida, seperti pusing, mual, dan mata perih. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor berhubungan dengan gejala keracunan pestisida pada petani cabai di Kenagarian Lubuk Gadang tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel diambil secara accidental sampling sebanyak 49 orang. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan responden dengan gejala keracunan ringan (34,7%) lebih banyak daripada gejala keracunan sedang (18,4%). Analisis bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan gejala keracunan pestisida adalah lama penyemprotan (p=0,020), dosis (p=0,004), penanganan pestisida (p=0,001), dan APD (p=0,000), sedangkan jumlah jenis pestisida tidak berhubungan (p=0,058). Terdapat hubungan antara lama, dosis, penanganan pestisida, APD dengan gejala keracunan pestisida pada petani cabai di Kenagarian Lubuk Gadang Tahun 2021. Dinas pertanian dan Dinas Kesehatan diharapkan bekerjasama dalam edukasi terkait pengaplikasian pestisida aman dan sehat. Petani diharapkan menerapkan pengaplikasian pestisida sesuai prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Gusti, SKM, M. Kes
Uncontrolled Keywords: Pestisida, Petani, Gejala Keracunan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:20
Last Modified: 11 Feb 2022 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99564

Actions (login required)

View Item View Item