ANALISIS SISTEM MANAJEMEN RISIKO SERTA STRATEGI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 PADA PENGELOLAAN LIMBAH RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2021

Annisa, Ayu Lestari (2021) ANALISIS SISTEM MANAJEMEN RISIKO SERTA STRATEGI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 PADA PENGELOLAAN LIMBAH RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan manajemen risiko serta strategi pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 pada pengelolaan limbah khususnya limbah B3 Padat COVID-19 di RSUD Kota Bogor Tahun 2021. Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan telaah dokumen. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor pada bulan Juni 2021-November 2021 dengan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri.Hasil. Bahaya dan risiko yang terdapat pada pengelolaan limbah diantaranya yaitu berupa risiko fisik seperti tertusuk jarum dan biologis yang salah satunya dapat terpapar COVID-19. Dalam klasifikasinya, risiko tersebut merupakan risiko tinggi, sehingga dilakukan pengendalian yang sesuai serta strategi pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 yang terdiri dari kewaspadaan standar, pengendalian administratif, pendidikan dan pelatihan. Kesimpulan. Pelaksanaan manajemen risiko serta strategi pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 belum maksimal dikarenakan kurangnya motivasi petugas dalam menggunakan APD lengkap, perlindungan kesehatan petugas yang tidak menyeluruh, serta belum adanya pelatihan bagi petugas sehingga diharapkan Rumah Sakit dapat mengoptimalkan kembali upaya tersebut guna mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Defriman Djafri, SKM, MKM, PhD
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Strategi Pencegahan dan Pengendalian COVID-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:50
Last Modified: 10 Feb 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99423

Actions (login required)

View Item View Item