Diplomasi Maritim Indonesia Terhadap Tiongkok Untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia Pada Pemerintahan Joko Widodo (2015-2019)

Alrizqan, King Alverhen (2022) Diplomasi Maritim Indonesia Terhadap Tiongkok Untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia Pada Pemerintahan Joko Widodo (2015-2019). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya Diplomasi Maritim yang dilakukan oleh Indonesia terhadap Tiongkok dalam rangka mewujudkan visi Poros Maritim Dunia pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dengan besarnya potensi kemaritiman yang dimiliki oleh Indonesia, Presiden Joko Widodo menempatkan sektor maritim sebagai prioritas utama pembangunan. Tiongkok sebagai negara yang memiliki kekuatan maritim yang kuat menjadi potensi untuk mendukung visi Poros Maritim Dunia. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan kerangka konseptual diplomasi maritim yang dikemukakan oleh Christian Le Mière yang dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu Diplomasi Maritim Kooperatif, Diplomasi Maritim Persuasif, dan Diplomasi maritim koersif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif yang menekankan pada pencarian makna yang terjadi dalam kehidupan sosial. Berdasarkan kerangka konseptual Christian Le Mière menemukan bahwa upaya yang dilakukan Indonesia dalam mewujudkan visi Poros Maritim Dunia pada pemerintahan Presiden Joko Widodo cenderung menggunakan Diplomasi Kooperatif berupa kunjungan kenegaraan. Sedangkan upaya lain Indonesia hanya berwujud showing the flag dan kegiatan lainnya berupa pengejaran, penghalauan, dan penangkapan. Kata kunci: Indonesia, Tiongkok, Maritim, Diplomasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Yusra. S. IP. MA
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:50
Last Modified: 10 Feb 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99408

Actions (login required)

View Item View Item