Ketersediaan Mineral Mikro Dan Penampilan Produksi Ternak Kambing Peranakan Etawa Yang Diberi Ransum Indigofera zollingeriana Sebagai Pengganti Konsentrat

NURHAMIDAH, NURHAMIDAH (2022) Ketersediaan Mineral Mikro Dan Penampilan Produksi Ternak Kambing Peranakan Etawa Yang Diberi Ransum Indigofera zollingeriana Sebagai Pengganti Konsentrat. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan level Indigofera zolligeriana yang terbaik sebagai pengganti konsentrat dalam ransum ditinjau dari ketersediaan mineral mikro, konsumsi dan kecernaan ransum serta penampilan produksi ternak kambing Peranakan Etawa jantan. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Pengelompokan dilakukan berdasarkan berat badan ternak. Adapun perlakuan dalam penelitian ini sebagai berikut: P1: 60% rumput lapangan + 10% Indigofera zollingeriana + 30% konsentrat, P2: 60% rumput lapangan + 20% Indigofera zollingeriana + 20% konsentrat, dan P3: 60% rumput lapangan + 30% Indigofera zollingeriana + 10% konsentrat. Ternak percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kambing Peranakan Etawa (PE) yang berjumlah 12 ekor dengan kisaran bobot badan 23-35 kg. Penelitian ini dilakukan di El Fitra Farm, Komplek Arai Pinang II Kel. Tabing Banda Gadang, Kec. Nanggalo, Kota Padang. Parameter yang diamati adalah konsumsi bahan kering, kecernaan zat-zat makanan, ketersediaan mineral mikro (Fe, Zn, Mn, dan Mn), pertambahan bobot badan dan efisiensi ransum. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh substitusi konsentrat dengan Indigofera zollingeriana sampai pada level 30% memberikan pengaruh yang siginifikan dalam meningkatkan konsumsi Bahan kering, kecernaan Bahan Kering (BK), kecernaan Bahan Organik, kecernaan Protein Kasar (PK), ketersediaan mineral Cu dan Mn serta Pertambahan Bobot Badan (PBB) dan Efisiensi Ransum. Namun peningkatan substitusi konsentrat dengan Indigofera zollingeriana sampai pada level 30% tidak memberikan pengaruh terhadap ketersediaan mineral Fe dan Zn.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt., M. Agr
Uncontrolled Keywords: Indigofera zollingeriana, Ketersediaan mineral mikro, Kambing PE
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:00
Last Modified: 10 Feb 2022 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99329

Actions (login required)

View Item View Item