Analisis Halal Value Chain Tekstil Sebagai Upaya Untuk Menjadikan Produk Tekstil Sebagai Produk Halal (Studi Kasus : Batik Tanah Liek Hj Wirda Hanim)

Rima, Rofifah Putri (2022) Analisis Halal Value Chain Tekstil Sebagai Upaya Untuk Menjadikan Produk Tekstil Sebagai Produk Halal (Studi Kasus : Batik Tanah Liek Hj Wirda Hanim). Diploma thesis, Teknik.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, sertifikasi halal sudah merupakan suatu kewajiban, tidak hanya pada industri makanan, akan tetapi pada industri tekstil juga wajib memiliki sertifikasi halal. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 pada pasal 4 menyatakan bahwa setiap produk yang masuk dan beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal. Produk tersebut diantaranya termasuk tekstil sebagai barang gunaan yang dipakai yang wajib memiliki sertifikasi halal. Hal ini juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2019 pasal 1 ayat 2, mengenai produk yang termasuk kedalam produk yang wajib halal adalah barang gunaan. Penahapan sertifikasi halal barang gunaan ini dimulai dari 17 Oktober 2021 sampai dengan 17 Oktober 2026. Sertifikasi tekstil halal juga diwajibkan untuk tekstil batik, salah satunya adalah tekstil batik tanah liek. Batik Tanah Liek Hj Wirda Hanim merupakan tempat dilakukan penelitian ini untuk menerapkan halal value chain agar menghasilkan produk tekstil halal. Perlunya Batik Tanah Liek Hj Wirda Hanim untuk memiliki sertifikasi halal dikarenakan batik ini sudah memiliki website perusahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan pembeli batik berasal dari pedagang yang negaranya mewajibkan produk yang beredar dinegaranya wajib memiliki sertifikasi halal, selain itu juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh halal bagi wisatawan yang mengunjungi Sumatera Barat, mengingat Sumatera Barat akan dijadikan sebagai provinsi destinasi halal. Penerapan halal value chain pada penelitian ini menggunakan metode Halal Critical Control Point (HCCP) untuk melakukan identifikasi unsur haram pada aktivitas utama agar diberikan saran perbaikan. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan sebanyak 13 titik kritis keharaman produk, yang berasal dari proses, fasilitas, serta alat dan bahan yang digunakan selama proses produksi Batik Tanah Liek Hj Wirda Hanim. Potensi bahan haram yang ditemukan berupa lemak babi, najis, gelatin babi, dan minyak babi. Perancangan rencana HCCP dilakukan pada penelitian ini untuk mencegah adanya bahan haram dan najis yang terkontaminasi pada produk. Perancangan rencana HCCP dilakukan pada 13 titik kritis keharaman. Perancangan catatan/dokumentasi juga dilakukan dalam mengendalikan titik kritis keharaman ini. Perancangan catatan/dokumentasi yang dilakukan berupa perancangan formulir penerimaan bahan baku, formulir kebersihan fasilitas, formulir pengiriman produk jadi, formulir status kehalalan alat, catatan titik kritis keharaman, instruksi kerja proses penjemuran kain, instruksi kerja proses menggambar pola, dan instruksi kerja proses melukis pola. Penelitian ini juga menghasilkan framework, yang dapat digunakan oleh industri tekstil lainnya dalam melakukan analisis rantai nilai halal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Nilda Tri Putri, Ph.D, IPU
Uncontrolled Keywords: Batik Tanah Liek, produk halal, HCCP, titik kritis keharaman.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:36
Last Modified: 11 Feb 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99273

Actions (login required)

View Item View Item