Isolasi dan Karakterisasi Senyawa Triterpenoid dari Ekstrak Etil Asetat Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) Serta Uji Aktivitas Antibakteri

muhamad, fadli (2022) Isolasi dan Karakterisasi Senyawa Triterpenoid dari Ekstrak Etil Asetat Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) Serta Uji Aktivitas Antibakteri. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I ( Pendahuluan ))
BAB I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
Makalah Hasil Penelitian - Muhamad Fadli ( 1710411017).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) merupakan famili dari myrtaceae. Bagian tanaman salam yang paling banyak dimanfaatkan adalah daun salam. Daun tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati asam urat, diare, kencing manis dan tekanan darah tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengetahui karakteristik senyawa triterpenoid dari ekstrak etil asetat daun salam dan menentukan kemampuan aktivitas antibakterinya. Isolasi dilakukan dengan metode kromatografi kolom dengan sistem elusi SGP (Step Gradient Polarity), selanjutnya senyawa hasil isolasi dimurnikan dengan metode rekristalisasi dan diperoleh berupa kristal putih seberat 0,0188 g. Hasil KLT menunjukkan noda tunggal ungu setelah diberi pereaksi Liebermann Buschard dengan rentang titik leleh 137-139 oC. Hasil data spektrum UV menunjukkan tidak adanya ikatan rangkap berkonjugasi dan hasil data spektrum FTIR menunjukkan adanya gugus hidroksil, C-O alkohol, C-H alkana, C=C alkena dan geminal dimetil yang merupakan ciri khas senyawa triterpenoid. Senyawa triterpenoid hasil isolasi tidak menunjukkan adanya aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Norman Ferdinal, M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:46
Last Modified: 10 Feb 2022 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99265

Actions (login required)

View Item View Item