FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI KECAMATAN KURANJI TAHUN 2021

Thomi, Anwar (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI KECAMATAN KURANJI TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data pantauan Satgas Penanganan Covid-19, angka kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Kuranji hanya sebesar 49%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Kuranji tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Kuranji dengan sampel sebanyak 96 orang. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis univariat, analisis bivariat menggunakan uji chi-square, dan analisis multivariat menggunakan pemodelan regresi logistik. Diperoleh hasil uji chi-square faktor-faktor terhadap kepatuhan masyarakat: pengetahuan p=0,001; sikap p=0,001; tindakan p=0,001; tingkat pendidikan p=0,075; dan dukungan tokoh masyarakat p=0,680. Diperoleh hasil regresi logistik faktor tingkat pendidikan dengan nilai PR tertinggi, yaitu sebesar 3,895. Faktor pengetahuan, sikap, dan tindakan memiliki hubungan terhadap kepatuhan protokol kesehatan Covid-19 di Kecamatan Kuranji. Tingkat pendidikan merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepatuhan. Pemerintah disarankan untuk dapat bekerjasama dengan pihak-pihak pengembangan masyarakat untuk terus mengintensifkan kegiatan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Suzana Eka Putri, SKM, M.CommHealthSc, PhD
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Pendidikan, Protokol Kesehatan Covid-19, Sikap, Tindakan, Tingkat Pendidikan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 09 Feb 2022 09:20
Last Modified: 09 Feb 2022 09:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99260

Actions (login required)

View Item View Item