PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR, ABU, KALSIUM DAN FOSFOR TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN PADA TANAH ULTISOL

Farras, Raihan (2021) PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR, ABU, KALSIUM DAN FOSFOR TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pupuk terhadap kandungan abu, kalsium, fosfor dan lemak kasar tanaman titonia yang ditanam pada tanah ultisol. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan disusun sebagai berikut, P0 (tanpa pemberian pupuk/kontrol), P1 (pupuk kandang sapi), P2 (pupuk NPK mutiara), dan P3 (kombinasi pupuk NPK mutiara + pupuk kandang sapi). Parameter yang diamati adalah kandungan abu, kalsium (Ca), fosfor (P) dan lemak kasar hijauan titonia. Data diolah menggunakan analisis keragaman dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan multiple range test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kombinasi pupuk kandang sapi dan pupuk NPK mutiara memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan lemak kasar dan fosfor (P), namun memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kandungan abu dan kalsium (Ca) hijauan titonia. Kandungan abu hijauan titonia pada penelitian ini berkisar 14,67 %-17,63 %, kalsium 0,75 %-0,88 %, fosfor 0,29 %-0,68 % dan lemak kasar 5,71 %-3,77 %.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian kombinasi pupuk kandang sapi dan pupuk NPK mutiara dapat meningkatkan kandungan lemak kasar dan fosfor (P),namun tidak memberikan pengaruh terhadap kandungan abu dan kalsium (Ca) hijauan titonia yang ditanam di tanah ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Abu, Kalsium, Fosfor, Lemak Kasar, Titonia
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:44
Last Modified: 09 Feb 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99223

Actions (login required)

View Item View Item