SARKASME DALAM INTERAKSI SESAMA PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SOLOK: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Shinta, Aulia Saputri (2022) SARKASME DALAM INTERAKSI SESAMA PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SOLOK: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh Shinta Aulia Saputri)
Skripsi Utuh Shinta Aulia Saputri .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Shinta Aulia Saputri, 1710723021 “Sarkasme dalam Interaksi Sesama Pedagang di Pasar Raya Kota Solok: Tinjauan Sosiolinguistik”. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Padang. Pembimbing I, Dr. Aslinda, M.Hum. dan Pembimbing II, Alex Darmawan, S.S., M.A. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa saja wujud ujaran sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, (2) Apa saja bentuk tataran lingual sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, dan (3) Apa saja faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) Menjelaskan wujud ujaran sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, (2) Menjelaskan bentuk tataran lingual sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, dan (3) Menjelaskan faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Metode dan teknik penelitian dibagi atas tiga tahap, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Tahap penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data menggunakan metode padan translasional, metode padan referensial, dan metode padan pragmatis. Teknik yang digunakan dalam analisis data terbagi dua, yaitu (1) teknik dasar menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan (2) teknik lanjutan menggunakan teknik Hubung Banding Membedakan (HBB). Selain menggunakan metode padan, penulis juga menggunakan metode agih, dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil yang diperoleh dari analisis data adalah 1) Sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok ditemukan dalam wujud celaan, ejekan, dan makian. 2) Sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok ditemukan dalam bentuk tataran lingual kata, frasa, dan kalimat. 3) Faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, yaitu (1) status sosial, (2) usia, dan (3) jenis kelamin. Kata Kunci: sarkasme, interaksi, pedagang, Pasar Raya, Kota Solok

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SARKASME DALAM INTERAKSI SESAMA PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SOLOK: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 09 Feb 2022 06:55
Last Modified: 09 Feb 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99148

Actions (login required)

View Item View Item