ANALISIS ASPEK TEKNIS PEMELIHARAAN DAN PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN KAMBING PERAH DI GALANGGANG RAYA FARM KECAMATAN TANJUNG HARAPAN KOTA SOLOK

Fadil, Muhammad Siregar (2022) ANALISIS ASPEK TEKNIS PEMELIHARAAN DAN PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN KAMBING PERAH DI GALANGGANG RAYA FARM KECAMATAN TANJUNG HARAPAN KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1...pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fadil Muahmmad Siregar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aspek teknis pemeliharaan dan pendapatan usaha peternakan kambing perah Galanggang Raya Farm Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan jumlah informan kunci sebanyak 5 orang. Aspek teknis dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan pendapatan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan aspek teknis, bibit yang digunakan adalah Kambing Peranakan Etawa dengan kualitas yang baik. Pakan hijauan diberikan 4 kg/ekor/hari untuk ternak dewasa dan 1 kg/ekor/hari untuk anak kambing, sedangkan ampas tahu diberikan 1 kg/ekor/hari untuk ternak dewasa dan 2 kg/ekor/hari untuk ternak yang sedang laktasi. Tatalaksana pemeliharaan dilakukan dengan cara intensif. Kandang yang digunakan adalah jenis panggung dengan konstruksi semi permanen. Pencegahan penyakit dilakukan dengan cara membersihkan kandang dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Ternak yang terkena penyakit akan diobati peternak terlebih dahulu, jika keadaan ternak lebih kritis peternak akan menggunakan jasa kesehatan. Pendapatan pada peternakan kambing perah Galanggang Raya Farm dalam periode satu bulan sebesar Rp. 11.348.620, penerimaan sebesar Rp. 22.814.000, biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 11.465.380 dengan R/C Ratio yaitu 1,99 berarti usaha peternakan kambing perah ini menguntungkan. Kata Kunci : Aspek Teknis dan Pendapatan, Kambing Peranakan Etawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Andri, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:50
Last Modified: 08 Feb 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99051

Actions (login required)

View Item View Item