USAHA PETERNAKAN SAPI RAKYAT: STUDI TENTANG KELOMPOK TANI LUAK LALANGDI NAGARI MUNGO, KECAMATAN LUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (1991-2021)

Dinda, Mahda Surya (2021) USAHA PETERNAKAN SAPI RAKYAT: STUDI TENTANG KELOMPOK TANI LUAK LALANGDI NAGARI MUNGO, KECAMATAN LUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA (1991-2021). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI DINDA MAHDA SURYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Usaha Peternakan Rakyat (Sapi) Kelompok Tani Luak Lalang Di Nagari Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 1991-2021”. Penelitian ini membasa tentang Kelompok Tani Luak Lalang yang mengembangkan Usaha Peternakan Rakyat (Sapi) yang berdiri tahun 1991. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah sosial ekonomi, dan juga menggunakan e metode sejarah yaitu Heuristik yang merupakan tahap awal yang merupakan taham pengumpulan data atau sumber. Tahap kedua yaitu kritik yang terdiri dari kritik intern dan ekstern. Tahap ini merupakan tahap menguju dan menganalisis secara kritis sumber yang di dapatkan. Tahap ketiga yaitu interprtasi yang mana padda tahap ini menetapkan makna dan keterkaitan hubungan dari fakta-fakta yang diperoleh. Tahap yang ke empat yaitu Historiografi merupakan tahap yang terikir dari metode sejarah. Pada Historiografi ini merupakan bentuk penyampaian berupa penulisan yang mana penelitian ini menggunkan sumber primer berupa arsip dan juga wawancara dengan tokoh tokoh terkait., dan sumber sekunder berupa buku, skripsi, jurnal, dan laporan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu pada tahun 1991 Kelompok Tani Luak Lalang mulai di bentuk dengan anggota pertama 9 orang dan dengan seiring berjalannya waktu mengalami penambahan dan pengurangan anggota. Kelompok Tani ini juga memenangkan lomba di beberapa daerah dan juga di tingkat Nasional pada tahun 2001. Usaha peternakan rakyat ini memberikan dampak yang baik bagi anggota kelompok dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, baik itu dalam pembangunan, sekolah dan kesehatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya Usaha Peternakan Rakyaat yang di kembangkan leh kelompok Tani memberikan dampak besar bagi anggota dalam memenuhi kebutihan sosial ekonomi anggotanya, karena ternak sapi ini meruupakan tabungan bagi anggota yang seaktu-waktu bisa di gunakan. Kata Kunci: Nagari Mungo, Peternakan, Kelompok Tani Luak Lalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DRA.ENIMAY, M.S
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:03
Last Modified: 09 Feb 2022 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99036

Actions (login required)

View Item View Item