Evaluasi Pengetahuan dan Penerapan Higiene dan Sanitasi Penyelenggaraan Makanan Pada Penjamah Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau Tahun 2021

Rahmi, Hande (2021) Evaluasi Pengetahuan dan Penerapan Higiene dan Sanitasi Penyelenggaraan Makanan Pada Penjamah Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak_Rahmi Hande_1711222008_FIX.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I_Rahmi Hande_1711222008.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI_Rahmi Hande_1711222008.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Rahmi Hande_1711222008.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Full Skripsi_Rahmi Hande_1711222008_Watermark_Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Higiene dan sanitasi makanan sangat penting dalam menentukan kualitas makanan terutama pada tempat pelayanan umum seperti rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi pengetahuan dan penerapan hygiene dan sanitasi penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau yang meliputi hygiene makanan, sanitasi makanan, dan sarana produksi makanan. Metode Desain penelitian ini adalah kuantitatif-kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan metode cross sectional dan kualitatif dengan metode evaluasi. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau pada bulan September – Oktober 2021. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yaitu 5 orang pramumasak, 5 orang pramusaji, dan 1 orang kepala instaasi gizi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Instrument yang digunakan adalah kuesioner, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan ksimpulan atau verifikasi. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi pengetahuan hygiene dan sanitasi dalam kategori baik (100%) akan tetapi masih terdapat ketidaksesuaian antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan di lapangan. Selain itu evaluasi penerapan hygiene dan sanitasi menggunakan uji laik fisik Permenkes RI Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011 menunjukkan hasil dibawah nilai minimum yaitu 81. Kesimpulan Sebanyak 100% penjamah makanan memiliki pengetahuan hygiene dan sanitasi baik namun terdapat ketidaksesuain penerapan di lapangan. Selain itu penerapan hygiene dan sanitasi belum memenuhi syarat karena memiliki nilai 81 dengan nilai minimal 83. Diharapkan dapat meningkatkan pengawasan selama proses penyelenggaraan makanan, memperbaiki fasilitasi hygiene sanitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fivi Melva Diana, SKM, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Higiene dan Sanitasi, Pengetahuan, Penerapan, Penjamah Makanan, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:24
Last Modified: 08 Feb 2022 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98885

Actions (login required)

View Item View Item