Efisiensti Teknis dan Pertumbuhan Total Faktor Produktivitas Industri Mikro dan Kecil di Indonesia

Gilang, Kasmara (2022) Efisiensti Teknis dan Pertumbuhan Total Faktor Produktivitas Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrakk.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I Gilangg.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh Gilang Kasmara)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Gilang Kasmara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai tingkat efsiensi teknis dan pertumbuhan total faktor produktivitas industri mikro dan kecil di Indonesia, dengan mengestimasi fungsi stochastic frontier analysis untuk seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Penelitian ini mencangkup data sekunder berupa data biaya input, tenaga kerja, dan output industri mikro dan kecil Indonesia periode 2013 sampai 2019 dengan menggunakan metode analisis Maximum Likelihood Estimation (MLE). Dengan melakukan analisis data menggunakan dua variabel independen yaitu biaya input dan tenaga kerja, menggunakan metode analisis MLE didapatkan hasil bahwa dua variabel independen yaitu biaya input dan tenaga kerja mempengaruhi output secara positif dan signifikan terhadap tingkat efisiensi teknis industri mikro dan kecil Indonesia ini. Kemudian didapatkan hasil bahwa industri mikro dan kecil yang ada di indonesia secara teknis telah efisien dimana rata-rata nilai efisiensi yang didapatkan adalah 0.74 untuk industri mikro dan 0.96 untuk industri kecil. Kemudian untuk pertumbuhan total faktor produktivitas, ditemukan hasil dimana rata-rata produktivitas yang mengalami minus di beberapa periode. Dapat disimpulkan bahwa pada tahun tersebut meskipun secara teknis industrinya telah efisien yang artinya industri ini dapat memanfaatkan faktor-faktor input secara maksimal, namun kenyataannya ada beberapa periode yang produktivitasnya justru malah minus. Hal ini mungkin dapat disebabkan oleh faktor-faktor input lain yang peneliti belum memasukkannya kedalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hadi Rahadian, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: industri mikro dan kecil, efisiensi teknis, pertumbuhan total faktor produktivitas, Stochastic Frontier Analysis (SFA), Maximum Likelihood Estimation (MLE).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 07 Feb 2022 08:21
Last Modified: 07 Feb 2022 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98874

Actions (login required)

View Item View Item