Strategi Adaptasi Keluarga Miskin Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap Pedagang Keliling Di Kelurahan Nan Balimo Kota Solok)

Fajar, Fajar Akbar (2021) Strategi Adaptasi Keluarga Miskin Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap Pedagang Keliling Di Kelurahan Nan Balimo Kota Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4 Penutup)
BAB 4.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 telah memberikan dampak dan akibat kehidupan sosial ekonomi masyarakat, menyebabkan masyarakat miskin yang berdagang keliling kesulitan dalam melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut mendorong para pedagang beradaptasi melakukan penyesuaian sosial ekonomi pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menjelaskan aktivitas pedagang keliling pada keluarga miskin pada masa pandemi Covid, (2) mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pedagang keliling pada keluarga miskin, (3) serta menegtahui bentuk-bentuk strategi adaptasi yang dilakukan pedagang keliling pada keluarga miskin pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekantan deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Pada penelitian ini ditemukan bahwa: (1) adanya perbedaan aktivitas pedagang keliling sebelum pandemi yang mencakup aktivitas keseharian dan kegiatan berdagang. Kemudian pada masa pandemi terdapat beberapa pekerjaan tambahan sebagai upaya memenuhi kebutuhan seperti beternak dan menjadi buruh harian lepas, pedagang juga dituntut untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,(2) dampak pandemi terhadap kehidupan pedagang keliling pada keluarga miskin yang dipengaruhi oleh berkurangnya jumlah pembeli, menurunnya penghasilan dan kenaikan harga kebutuhan pokok, (3) terdapat beberapa strategi adaptasi yang dilakukan pedagang keliling yang berjualan di Kelurahan Nan Balimo Kota Solok seperti menambah waktu berdagang keliling, merubah jenis dagangan,mencari mata pencaharian lain, mengandalkan bantuan, serta berhutang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: : Strategi Adaptasi, Keluarga Miskin, Pedagang Keliling, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:56
Last Modified: 07 Feb 2022 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98676

Actions (login required)

View Item View Item