PERSAINGAN ANAK PENJUAL KANTONG KRESEK ETNIS NIAS DAN MINANG PASAR RAYA PADANG (Studi Kasus di Pasar Raya Padang Kota Padang)

ALIMAH, WAHYU PUTRI (2021) PERSAINGAN ANAK PENJUAL KANTONG KRESEK ETNIS NIAS DAN MINANG PASAR RAYA PADANG (Studi Kasus di Pasar Raya Padang Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER AND ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi ALIMAH WAHYU PUTRI _1710811021-dikonversi-dikompresi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan merupakan suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba untuk mencapai sesuatu (kemenangan). Persaingan ini dapat terjadi bila beberapa pihak menginginkan sesuatu dan menjadi pusat perhatian dalam bermasyarakat. Hal ini terjadi pada anak-anak usia sekolah yang harus belajar di rumah dan bermain bersama teman-temannya, tetapi hal dirasakan terhadap anak-anak penjual kantong kresek Etnis Nias dan Minang demi keinginan sendiri dan memabntu orang tuanya, mereka justru bersaing dalam merebutkan pembeli di Pasar Raya Padang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan faktor yang mendorong persaingan Etnis Nias dan Minang penjual kantong kresek (2) Mendeskripsikan bentuk persaingan Etnis Nias dan Minang penjual kantong kresek. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori persaingan George Simmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, pengumpulan dokumen, serta observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Unit analisisnya adalah anak-anak penjual kantong kresek menghadapi situasi persaingan dalam satu dagangan atau jualan yang sama di Pasar Raya Padang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat faktor dan bentuk persiangan yang terjadi anak-anak penjual kantong kresek Etnis Nias dan Minang di Pasar Raya Padang. Beberapa diantaranya adalah (1) persaingan etnis (2) penawaran sedikit dan (1) menawarkan dagangan (2) menawarkan bantuan atau jasanya, (3) perencanaan waktu atau memilih waktu, (4) memiliki tempat atau lokasi dagangan, dan (5) memberikan diskon kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Wahyu Pramono, M.Si Aziwarti, SH, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Persaingan, Anak-Anak, Etnis, Penjual, Kantong Kresek.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:20
Last Modified: 08 Feb 2022 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98647

Actions (login required)

View Item View Item