PENGARUH KENYAMANAN PEMAKAIANALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP KINERJA PROFESIONAL PEMBERI ASUHAN (PPA) KAMAR BEDAH DI RS KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Leo, Agustigno (2022) PENGARUH KENYAMANAN PEMAKAIANALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP KINERJA PROFESIONAL PEMBERI ASUHAN (PPA) KAMAR BEDAH DI RS KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS LEO AGUSTIGNO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Rentannya penularan COVID-19 bagi Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang bekerja di rumah sakit. Cara yang diterapkan adalah dengan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Kenyamanan pemakaian APD memberikan pengaruh terhadap kinerja PPA di RS khususnya kinerja PPA yang bekerja di kamar bedah. Pengaruh ini mulai dari dimensi kinerja kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektifitas, kemandirian dan hubungan interpersonal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Kenyamanan APD Terhadap kinerja PPA Kamar Bedah Di RS Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional . Populasi penelitian adalah PPA yang bekerja di kamar bedah dan memberikan pelayanan terhadap pasien bedah COVID-19 berjumlah 252 orang, sampel 155 orang menggunakan random sampling dengan teknik proporsional sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Kenyamanan Pemakaian APD Covid-19, Kinerja Selama pemakain APD. Analisis distribusi frekuensi menggunakan SPSS dan Analisis SEM PLS 3.0. Hasil Penelitian didapatkan terdapat 5 faktor yang berhubungan signifikan dengan pemakaian APD yaitu efektifitas, interpersonal, kemandirian, kuantitas dan waktu kerja dengan nilai p-value masing-masing (nilai sig) < 0,05 yaitu 0,001, 0.000, 0.000,0.000, 0.012 dan satu faktor yang tidak berhubungan signifikan yaitu kualitas kerja dengan nilai p-value (nilai sig 0.066 > 0,05. Saran penelitian ini, sebaiknya rumah sakit menyediakan APD kualitas baik dan ergonomis, mengjadwalkan operasi sesuai kemampuan tim, lingkungan kamar oprasi yang kondusif, ketersedian tim operasi sesuai fungsi dan tugas. Peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih jauh lagi serta menggunakan analisis, dan metode yang berbeda sehingga memperkaya analisis data serta penelitian ini dapat menjadi data base penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M. Kep
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan,APD,PPA, Kinerja, Pandemi COVID-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:46
Last Modified: 07 Feb 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98645

Actions (login required)

View Item View Item