BUDIDAYA LEBAH MADU SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER PENDAPATAN KELUARGA : Kasus di kecamatan Lubuk Alung Kabupaten padang pariaman

Yogi, Saputra (2021) BUDIDAYA LEBAH MADU SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SUMBER PENDAPATAN KELUARGA : Kasus di kecamatan Lubuk Alung Kabupaten padang pariaman. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER_DAN_ABSTRAK[1].pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB_V[1].pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_YOGI_SAPUTRA[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek teknis dan pendapatan keluarga peternak lebah tanpa sengat di Kecamatan Lubuk Alung. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Terdapat 4 kasus peternak yang membudidayakan lebah madu tanpa sengat di Kecamatan Lubuk Alung. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aspek teknis usaha yang dijalankan. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis penerimaan, biaya, serta pendapatan dari peternakan lebah madu yang dijalankan. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu penerapan aspek teknis yang dilakukan sudah maksimal. Pemeliharaannya meliputi keadaan lingkungan, penempatan stup atau kotak lebah, dan sumber pakan. Pendapatan yang diperoleh dalam 1 periode produksi atau satu bulan yaitu, Kasus 1 sebesar Rp 4.567.501, Kasus 2 Rp 7.235.000, Kasus 3 Rp 2.612.502 dan Kasus 4 Rp 2.650.836. kontribusi terhadap pendapatan keluarga berturut-turut dari kasus 1 sampai 4 adalah 47,8%; 52,6%; 30,8%; dan 42,6%. Dengan skala usaha yang dilakukan maka nilai rata-rata R/C yaitu 2,42. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha budidaya lebah madu cukup baik atau menguntungkan sebagai salah satu alternatif sumber pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ida Indrayani, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aspek teknis, Pendapatan, lebah madu tanpa sengat.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:27
Last Modified: 04 Feb 2022 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98637

Actions (login required)

View Item View Item