ALASAN ANAK DARI KELUARGA PETANI MEMILIH BEKERJA DILUAR SEKTOR PERTANIAN (Studi Kasus pada 5 Anak Di Piai Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang)

Hazel, Aditya Gifhari (2022) ALASAN ANAK DARI KELUARGA PETANI MEMILIH BEKERJA DILUAR SEKTOR PERTANIAN (Studi Kasus pada 5 Anak Di Piai Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi-Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertanian merupakan sebuah sektor strategis dan penting, yang dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap stock besar dalam skala nasional, sehingga sektor pertanian ini mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang berdomisili di desa. Namun pada saat ini berbanding terbalik dengan permasalahan sektor pertanian saat ini, dimana remaja beralih mata pencarian yang relatif rendah. Hal ini menjadikan adanya pergeseran terhadap orientasi bertani diantara para remaja, sehingga hal ini membuat perubahan-perubahan sosial yang dapat dilihat pada pola struktur sosial dari komposisi jenis pertanian.Dalam hal ini akan dapat menimbulkan kemerosotan pada sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan-alasan yang menjadi penyebab anak tersebut memilih bekerja diluar sektor pertanian. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional yang dikemukakan oleh James S Coleman. Teori ini menjelasakan tindakan perseorangan kepada suatu tujuan dan tujuan itu (juga tindakan) ditentukan oleh nilai atau pilihan. Teori pilihan Rasional memusatkan perhatikan pada aktor, dimana aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai maksud artinya aktor mempunyai tujuan dan tindakan tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan tersebut, aktorpun dipandang mempunyai pilihan atau nilai serta keperluan. Berdasarkan penelitian dilapangan yang menjadi alasan 5 anak dari keluarga petani lebih memilih bekerja diluar sektor pertanian adalah : (1) Adanya faktor pendorong anak dari keluarga petani memilih bekerja diluar sektor pertanian yaitu karena penghasilan pertanian yang tidak tetap dan karena masalah pendidikan yang mana saat ini anak sudah sadar akan pentingnya pendidikan untuk kelangsungan kehidupan untuk masa yang akan datang. (2) Adanya faktor penarik anak tersebut lebih memilih bekerja diluar sektor pertanian yaitu terbukanya pekerjaan diluar sektor pertanian tersebut yang menjadikan remaja lebih mudah dalam mencari pekerjaan dan gaji tetap yang mana hal tersebut menjafi pendorong penting dalam memilih pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Alasan, Anak, Petani, Bekerja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:20
Last Modified: 04 Feb 2022 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98583

Actions (login required)

View Item View Item