BIOGRAFI ZURAINI: PENGUSAHA MAKANAN RINGAN LADU ARAI PINANG "RUMAH TABUIK" KELURAHAN KAMPUNG PERAK, KECAMATAN PARIAMAN TENGAH, KOTA PARIAMAN 1992-2018

Nova, Selvia Syopiarni (2021) BIOGRAFI ZURAINI: PENGUSAHA MAKANAN RINGAN LADU ARAI PINANG "RUMAH TABUIK" KELURAHAN KAMPUNG PERAK, KECAMATAN PARIAMAN TENGAH, KOTA PARIAMAN 1992-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL NOVA SELVIA S.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Biografi Zuraini: Pengusaha Makanan Ringan Ladu Arai Pinang “Rumah Tabuik” Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman 1992-2018. Penelitian ini menggambarkan tentang sosok Zuraini pengusaha makanan Ladu Arai Pinang ketika awal merintis usaha dan sampai berkembangnya usaha dari tahun 1992 sampai 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Zuraini mengembangkan usaha makanan ringan ladu rumah tabuik yang kemudian menjadi usaha yang bisa bertahan dan terlama di Kelurahan Kampung Perak. Penelitian ini menggunakan penelitian sejarah, yang dibagi dalam empat langkah: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Langkah pertama adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber yang relevan dengan topik penelitian. Pengumpulan sumber dilakukan dengan studi perpustakaan dan wawancara di lapangan. Penelitian ini juga menggunakan sumber sekunder berupa buku-buku atau tulisan terdahulu. Setelah sumber dihimpun, dilakukan kritik sumber yang terbagi atas dua cara: yaitu kritik intern dengan menilai keakuratan terhadap dokumen-dokumen yang digunakan, menyangkut keaslian dan keautentikan bahan yang digunakan kritik ekstern. Interpretasi yaitu menganalisis dan menghubungkan sumber yang perlu dijadikan sumber primer dalam penelitian. Langkah terakhir historiografi yakni penulisan sejarah yang telah tersusun sesuai susunan kontruksi hasil penelitian. Hasil dari penelitan ini menjelaskan sosok Zuraini seorang pengusaha yang gigih dan pantang menyerah dalam menjalankan usaha Ladu Rumah Tabuik. Memulai dari awal usaha berkat tekad dan dorongan dari ibunya sehingga usaha ladu berkembang dari tahun ke tahun, bahkan sampai melakukan pemasaran keluar daerah. Starategi Zuraini mempertahankan usahanya ditengah-tengah banyaknya muncul pengusaha ladu baru yaitu salah satunya tetap mempertahankan cita rasa ladunya dengan memakai kualitas bahan yang terbaik. Berkembangnya usaha ladu ini membantu perekonomian Zuraini menjadi lebih baik sehingga bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai ke perguruan tinggi, bahkan Zuraini dapat menunaikan ibadah haji di Mekah. Namun pada tahun 2018 Zuraini menyerahkan kepengelolaan ladu rumah tabuik kepada anak bungsunya yang bernama Rezi, alasannya karena tenaga dan kesehatannya mulai menurun dan tidak sanggup lagi untuk mengelolanya. Kata Kunci: Biografi, Pengusaha, Makanan Ringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Purwo Husodo, M. Hum.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:46
Last Modified: 04 Feb 2022 03:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98580

Actions (login required)

View Item View Item