RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH KOTORAN DAN PEMBERI PAKAN KUCING BERBASIS MODUL ARDUINO UNO R3 MENGGUNAKAN SENSOR LOAD CELL DAN SENSOR INFRAMERAH

Murwani, Farda Rianti (2021) RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH KOTORAN DAN PEMBERI PAKAN KUCING BERBASIS MODUL ARDUINO UNO R3 MENGGUNAKAN SENSOR LOAD CELL DAN SENSOR INFRAMERAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang populer sebagai hewan peliharaan. Perawatan yang baik dibutuhkan agar kucing tetap sehat dan tidak menjadi sumber penyakit. Pemberian pakan dan pembersihan kotoran kucing merupakan dua kegiatan rutin yang semestinya menjadi perhatian, namun sering terabaikan karena kesibukan pemiliknya. Dalam studi ini telah dirancang suatu prototipe kandang kucing yang dilengkapi alat pembersih kotoran dan pemberi pakan kucing secara otomatis. Kotoran kucing dibuang menggunakan penyapu (yang digerakkan oleh motor servo) setelah mencapai berat tertentu (yang dideteksi menggunakan sensor load cell). Pakan kucing diberikan melalui saluran yang akan terbuka dan tertutup secara otomatis (yang digerakkan oleh motor servo) berdasarkan pendeteksian ada-tidaknya pakan oleh sensor inframerah. Rentang jarak pengindraan sensor infrared terhadap adanya penghalang pada penelitian ini adalah antara 3 cm hingga 43 cm. Load cell yang digunakan memiliki batas kemampuan penginderaan hingga 5 kg dengan keakuratan hingga 99,73%. Sistem secara keseluruan dikendalikan berdasarkan program yang ditanamkan di mikrokontroler ATMega328p pada modul Arduino Uno R3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Wildian, M.Si
Uncontrolled Keywords: kotoran kucing, pemberian pakan, load cell, sensor inframerah, Arduino Uno R3.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:11
Last Modified: 04 Feb 2022 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98569

Actions (login required)

View Item View Item