Pengelolaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bagi Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Noni, Julia (2022) Pengelolaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bagi Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI NONI JULIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemiskinan yang selama ini sulit untuk diatasi dan menjadi masalah umum yang paling banyak menyita perhatian publik. Cara pemerintah menanggulangi kemiskinan adalah dengan menyalurkan beberapa program bantuan, salah satunya adalah Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dalam mengurangi beban pengeluaran dan membeli kebutuhan. Namun, pada lokasi penelitian didapati permasalahan dalam pemanfaatan sumber dana BPNT oleh 12 KPM dengan tidak pernah membeli bahan pangan dan hanya memanfaatkan seumber dana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan menjelaskan pemanfaatan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) oleh KPM di Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsionalisme Struktural yang dikritik oleh Robert K. Merton. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pengelolaan untuk penyaluran program BPNT belum maksimal disebabkan karena didapati kekurangan dalam proses pemanfaatan dana bantuan. Pemanfaatan oleh KPM yang melakukan penarikan tunai di luar agen tanpa pembelian bahan pangan disebabkan karena KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) langsung dipegang kendali oleh KPM dan diharuskan mengambil dana bantuan sendiri. Bila berpedoman pada Pedoman Umum Bantuan Pangan Non Tunai, KKS tersebut seharusnya hanya bisa melakukan penarikan langsung di agen e-Warong sekaligus pembelian sembako yang dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pengelolaan, BPNT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:55
Last Modified: 07 Feb 2022 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98566

Actions (login required)

View Item View Item