FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKLENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPAI KOTA PADANG

FEBBY, APRILIA (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKLENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPAI KOTA PADANG. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKLENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPAI KOTA PADANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
bab 7 penutup.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (3).pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dan Tujuan Penelitian Pada masa pandemi Covid-19 terjadinya penutupan fasilitas kesehatan serta memengaruhi terhadap pelayanan imunisasi. Jika dibiarkan maka cakupan imunisasi nasionalpun akan turun, sehinga kekebalan komunitas tidak terbentuk lagi dan akhirnya cakupan imunisasi yang rendah ini bisa menyebabkan terjadinya kejadian luar biasa penyakit yang dapat dicegah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya cakupan imunisasi diantaranya pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dan peran petugas kesehatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi selama pandemi covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Lapai Kota Padang Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Lapai Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan November 2021. Sampel penelitian yaitu ibu yang mempunyai anak usia 12-24 bulan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Lapai Kota Padang yang berjumlah 80 orang. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Hasil penelitian menunjukkan 62,5% bayi tidak melakukan imunisasi lengkap. imunisasi tidak lengkap dengan pengetahuan baik 49.0%. Imunisasi tidak lengkap dengan sikap positif terhadap imunisasi 49.1%.Imunisasi tidak lengkap dengan dukungan keluarganya tidak mendukung terhadap imunisasi 75% dan Imunisasi tidak lengkap dengan peran petugas kesehatan yang baik terhadap imunisasi 59.4%. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p = 0.003), sikap (p = 0.000), dukungan keluarga (p = 0.02) dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi. Dan tidak terdapat hubungan antara petugas kesehatan (p = 0.195) dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi. Kesimpulan Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi. Dan tidak terdapat hubungan antara peran petugas kesehatan dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi.

Item Type: Article
Primary Supervisor: Aldina Ayunda Insani, Bd., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Imunisasi dasar, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, peran petugas kesehatan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:01
Last Modified: 04 Feb 2022 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98556

Actions (login required)

View Item View Item