Kandidasi Dalam Partai Politik di Indonesia (Studi Kasus Penetapan Calon Legislatif Partai Gerindra pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 di Kota Padang)

Zata, Qamarina (2021) Kandidasi Dalam Partai Politik di Indonesia (Studi Kasus Penetapan Calon Legislatif Partai Gerindra pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Zata Qamarina, 1710833017. Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, dengan judul Skripsi “Kandidasi Prtai Politik di Indonesia (Studi kasus Penetapan Calon Legislatif Partai Gerindra Pada Pemilihan Legislatif Kota Padang Tahun 2019”. Dibimbing oleh Dr. Aidinil Zetra S.IP M.A dan Mhd Fajri S.IP MA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kandidasi calon wakil rakyat ditingkat daerah yang langsung dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Pusat tanpa melibatkan Dewan Pengurus Cabang dalam penetapan anggota legislatif. Temuan data awal dalam penelitian ini menemukan bahwa pada AD/ART pada Partai Gerindra belum mengakomodasi daerah untuk terlibat dalam penetapan calon legislatif. Asumsi dalam penelitian ini adalah terjadinya sentralisasi dalam proses penetapan calon legislatif di Partai Gerindra pada Pemilihan Legislatif tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan metode pemilihan informan dengan teknik snow ball. Peneliti menggunakan konsep sentralistik partai politik dari Nurhaliah Nurdin dan teori rekrutmen politik. Pada konteks sentralisasi politik terdapat tiga kategori umum menurut Nurhaliah Nurdin, kategori tersebut seperti person atau sumber daya manusia pada penelitian ini, proses rekrutmen bacaleg partai Gerindra, keputusan final berada pada putusan DPP, dan DPC/DPD secara mutlak menerima putusan itu, walaupun memang putusan tersebut hasil musyawarah mufakat antara DPC/DPD dengan DPP internal dan elit partai Gerindra, indicator kedua adalah keuangan atau money, AD-ART Partai Gerindra juga mengatur bahwa segala kegiataan pendanaan juga persetujuan oleh DPP Pusat. Indikator ketiga policy atau kebijakan, dalam Partai Gerindra kecenderungan sentralistik memang terlihat adanya, namun dibungkus dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat demokrasi aktif seperti menanggapi masukan-masukan masyarakat namun dalam pengelolaan partai, Partai Gerindra cenderung sangat sentralistik selian itu, bentuk Partai Gerindra yang merupakan Partai Mandat juga mempengaruhi bagaimana proses rekrutmen bacaleg di daerah yang harus mendapatkan mandat terlebih dahulu dari Dewan Pengurus Pusat. Kata kunci : Sentralistik, Partai Politik. Rekrutmen Partai Politik, Calon Legislatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, S.IP., MA.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:15
Last Modified: 04 Feb 2022 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98537

Actions (login required)

View Item View Item