STRATEGI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG (STUDI: HOTSPOT ATOM CENTER, KOTA PADANG)

HIDAYATUL, FITRI (2021) STRATEGI SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG (STUDI: HOTSPOT ATOM CENTER, KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (WM).pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV (WM).pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (WM).pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI HIDAYATUL FITRI 1710813021 (WM).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Kasus covid-19 di Kota Padang terus meningkat setiap harinya. Hal ini menyebabkan Pasar Raya menjadi pusat penyebaran covid-19 dan masuk menjadi salah satu kategori wilayah zona merah di Kota Padang. Banyak bisnis khususnya bisnis prostitusi ditutup akibat pandemi ini, namun tidak dengan lokalisasi atau hotspot di Atom Center yang berada di Pasar Raya Padang. Di masa pandemi ini, semua orang sangat rentan akan penularan covid-19, tidak terkecuali psk mengingat pekerjaan mereka yang mengharuskan untuk berhubungan dengan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sosial yang dilakukan pekerja seks komersial dan alasan mereka masih melakukan transaksi pada masa pandemi covid-19 di Kota Padang. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik mekanisme gelinding bola salju (snowballing). Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial yang dikemukakan oleh George Caspar Homans. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa alasan pekerja seks komersial masih melakukan transaksi di masa pandemi covid-19 yaitu karena faktor ekonomi, tidak percaya adanya covid-19, memenuhi hasrat seksual dan gaya hidup. Lalu terdapat beberapa strategi yaitu strategi tidak langsung dan strategi langsung pekerja seks komersial dalam melakukan transaksi di masa pandemi covid-19. Strategi tidak langsung pekerja seks komersial yaitu melalui mucikari dan melalui telepon ataupun whatsapp. Sedangkan strategi langsung yaitu dengan cara nongkrong di kafe Atom Center, menghampiri pelanggan dan mendatangi klub malam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si Drs. Yulkardi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Sosial, Pekerja Seks Komersial, Transaksi, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 02 Feb 2022 08:07
Last Modified: 02 Feb 2022 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98463

Actions (login required)

View Item View Item