GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA WANITA USIA 40-50 TAHUN DI KELUHARAN SAWAHAN KOTA PADANG

Saruveswaran, R Rasasingam (2021) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA WANITA USIA 40-50 TAHUN DI KELUHARAN SAWAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
skripisi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Osteoporosis adalah penyakit metabolik tulang yang terjadi akibat kurangnya kepadatan massa tulang secara signifikan sehingga meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Kelompok lanjut usia sangat beresiko menderita osteoporosis, sehingga apabila lansia mengalami patah tulang kejadiannya selalu dikaitkan dengan osteoporosis. Osteoporosis dapat dicegah sejak dini atau setidaknya ditunda dengan menerapkan perilaku hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang tinggi kalsium, berolahraga teratur, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol. Oleh karena itu, pengetahuan tentang osteoporosis sangatlah penting, terutama wanita usia 40-50 tahun untuk melakukan tindakan pencegahan dan melakukan deteksi dini osteoporosis. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku pencegahan osteoporosis pada wanita usia 40-50 tahun di kelurahan Sawahan kota Padang. Penelitian berdesain deskriptif dengan rancangan cross sectional ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku pencegahan osteoporosis pada wanita usia 40-50 tahun di Keluharan Sawahan Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia 40-50 tahun di Keluharan Sawahan Kota Padang. Jumlah populasi yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 117 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan di mana, wanita berusia 40-50 tahun, mayoritasnya berusia 46-50 tahun. Mayoritas wanita memiliki 2 orang anak dan pendidikan terakhir pada sebagian besar wanita adalah menengah. Status ekonomi responden mayoritas adalah tinggi dan sebagian besar responden tidak bekerja. Mayoritas responden adalah overweight dan obesitas. Tingkat pengetahuan wanita usia 40-50 tahun secara umum adalah kurang baik, akan tetapi perilaku responden terhadap pencegahan osteoporosis adalah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Noverial, Sp. OT
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: osteoporosis, usia, patah tulang, pengetahuan, pencegahan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:53
Last Modified: 02 Feb 2022 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98443

Actions (login required)

View Item View Item