PENGARUH PEMBERIAN KASGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucen L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI GOGO (Oryza sativa L.) PADA TANAH ULTISOL

Reswita, Reswita (2022) PENGARUH PEMBERIAN KASGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucen L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI GOGO (Oryza sativa L.) PADA TANAH ULTISOL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
3. BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tanah Ultisol termasuk dalam jenis tanah yang tidak subur. Solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan penambahan kasgot. Kasgot merupakan produk sampingan dari biokonversi sampah organik menggunakan larva Black Soldier Fly menjadi pupuk organik yang kaya nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi kasgot dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan padi gogo (Oryza sativa L.) pada tanah Ultisol. Percobaan lapangan dilaksanakan di Padang, Indonesia pada bulan April sampai Agustus 2021. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Pengamatan pertumbuhan vegetatif dilakukan terhadap pertambahan tinggi tanaman, jumlah anakan, berat basah dan berat kering tajuk, berat basah dan berat kering akar dan kandungan klorofil fase vegetatif. Pengamatan pertumbuhan generatif dilakukan terhadap kandungan klorofil fase generatif, jumlah anakan produktif, bobot gabah 100 biji dan bobot gabah perumpun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pemberian kasgot 30% dan 25% NPK berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman, jumlah anakan, berat segar tajuk dan berat kering tajuk, berat basah akar dan kandungan klorofil. Sedangkan dosis kasgot 30% secara signifikan meningkatkan bobot 100 biji dan bobot per rumpun padi. Disimpulkan bahwa suplementasi 30% kasgot yang dikombinasikan dengan pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif padi gogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Zozy Aneloi Noli
Uncontrolled Keywords: BSFFF, biokonversi, NPK, suplementasi, pupuk organik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:55
Last Modified: 02 Feb 2022 02:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98438

Actions (login required)

View Item View Item