ANALISA DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA GEDUNG PARKIR EKS KANTOR KEHUTANAN KOTA BUKITTINGGI

REZYAND, BICDWIGA (2014) ANALISA DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA GEDUNG PARKIR EKS KANTOR KEHUTANAN KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
201410242041th_rezyand bicdwiga 0910923164.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan parkir di Kota Bukittinggi, pemerintah Kota Bukittinggi membangun gedung parkir di jalan Perintis Kemerdekaan. Pembangunan gedung parkir memiliki kaitan yang sangat erat dengan kinerja lalu lintas jalan yang disebabkan oleh pergerakan arus lalu lintas kendaraan yang keluar dan masuk dari dan menuju gedung parkir yang akan berpengaruh pada tingkat pelayanan jaringan jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bukittinggi. Penting dilakukan analisa dampak lalu lintas terhadap pembangunan gedung parkir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa penambahan volume kendaraan, kapasitas jalan kondisi eksisting, derajat kejenuhan pada kondisi sekarang dan prediksi derajat kejenuhan setelah gedung parkir beroperasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei secara langsung terhadap volume lalu lintas, hambatan samping dan akumulasi parkir pada hari Sabtu dan hari Minggu mulai jam 12.00-16.00. Volume lalu lintas kondisi sekarang, jam puncak pada hari Sabtu terjadi pada pukul 14.00-15.00 sebesar 1130 kendaraan per jam atau 803 smp/jam dengan derajat kejenuhan adalah 0,29, setelah dipengaruhi oleh akumulasi kendaraan yang keluar dari lahan parkir, derajat kejenuhan ruas jalan meningkat menjadi 0,33. Maka prediksi dampak yang ditimbulkan oleh gedung parkir adalah derajat kejenuhan meningkat sebesar 0,15. Sedangkan volume lalu lintas kondisi sekarang, jam puncak pada hari Minggu terjadi juga pada pukul 14.00-15.00 sebesar 1264 kendaraan per jam atau 1038 smp/jam dengan derajat kejenuhan adalah 0,37, setelah dipengaruhi oleh akumulasi kendaraan yang keluar dari lahan parkir, derajat kejenuhan ruas jalan meningkat menjadi 0,42. Dampak yang ditimbulkan oleh gedung parkir pada jam puncak hari Minggu adalah derajat kejenuhan meningkat sebesar 0,12. Sebagai saran dan rekomendasi perlu diadakan pembenahan jalan dan pembangunan halte tunggu angkutan umum sebagai penanganan terhadap banyaknya angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang pada badan jalan yang menyebabkan kinerja ruas jalan kurang maksimal. Kata kunci: Volume, derajat kejenuhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 May 2016 07:57
Last Modified: 28 May 2016 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9842

Actions (login required)

View Item View Item