JURNALISME BENCANA: PEMBERITAAN DAMPAK GEMPA MAMUJU – MAJENE PADA TAHAP TANGGAP DARURAT DI KANAL BERITA DETIK.COM (Analisis Framing pada Berita Gempa Mamuju – Majene Edisi 15 Januari – 28 Januari 2021)

Yesi, Natalia Marpaung (2022) JURNALISME BENCANA: PEMBERITAAN DAMPAK GEMPA MAMUJU – MAJENE PADA TAHAP TANGGAP DARURAT DI KANAL BERITA DETIK.COM (Analisis Framing pada Berita Gempa Mamuju – Majene Edisi 15 Januari – 28 Januari 2021). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5 (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Final_ Yesi Natalia Marpaung.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang pembingkaian berita dampak bencana alam gempa Mamuju-Majene oleh detik.com. Penelitian ini juga ingin melihat penerapan jurnalisme bencana oleh media online detik.com. Penelitian menggunakan paradigma konstruksionis dan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembingkaian detik.com terkait pemberitaan dampak gempa di Mamuju-Majene pada tahap tanggap darurat cenderung menggambarkan situasi bencana, seperti keadaan di lokasi bencana serta kondisi para korban bencana, dengan menggunakan sisi human interest dan dibangun menggunakan sudut pandang personal. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa pemberitaan bencana gempa di Mamuju-Majene oleh media online detik.com belum sepenuhnya menerapkan prinsip jurnalisme bencana dan tidak berorientasi pada pola pikir mitigasi. Pemberitaan detik.com juga minim dalam hal akurasi & verifikasi, pelaporan bencana tidak berimbang, dan melanggar aspek kemanusiaan dengan mengeksploitasi kesedihan korban bencana. Seluruh ideologi itu teridentifikasikan melalui hasil analisis framing berita menggunakan model Robert N. Entman. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya upaya media online detik.com menjadikan pemberitaan bencana sebagai komoditas untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos., MA
Uncontrolled Keywords: Bencana alam, jurnalisme bencana, komodifikasi, framing, detik.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:42
Last Modified: 31 Jan 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98367

Actions (login required)

View Item View Item