PENGARUH DIAMETER KAWAT LILITAN ELEKTRODA SPIRAL REAKTOR OZON DAN KINERJANYA DALAM MENGURANGI KONSENTRASI GAS CO KELUARAN INSINERATOR

Adika, Prima Asnur (2022) PENGARUH DIAMETER KAWAT LILITAN ELEKTRODA SPIRAL REAKTOR OZON DAN KINERJANYA DALAM MENGURANGI KONSENTRASI GAS CO KELUARAN INSINERATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir_Adika Prima Asnur_1710953027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ozon mempunyai sifat yang tidak stabil dan tidak dapat dibawa ke suatu tempat. Reaktor plasma memiliki kelebihan yaitu dapat mampu memproduksi ozon dengan waktu yang singkat dan tidak membutuhkan energi yang banyak. Pemanfaatan teknologi ozon dapat digunakan untuk mengurangi kandungan bahan berbahaya dan beracun. Sampah salah satu permasalahan saat ini seiring dengan pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan sampah menjadi banyak. Salah satu solusi adalah teknologi insinerator memiliki kelebihan dapat mengurangi volume sampah dalam jumlah besar dengan waktu proses yang singkat. Kelemahan peralatan ini adalah melepaskan gas CO sampai tingkat membahayakan manusia. Untuk mengurangi kadar gas CO dapat menggunakan teknologi plasma DBD dengan diameter kawat lilitan elektroda spiral yang berbeda yaitu 0,5 mm, 1 mm dan 1,5 mm. Tujuanya adalah untuk melihat kinerja reaktor plasma DBD dalam mengurangi konsentrasi gas CO. Penerapan plasma dilakukan selama 180 detik terhadap gas hasil pembakaran sampah organik menggunakan kertas bekas sebanyak 100 gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaktor plasma DBD dengan diameter lilitan kawat 1,5 mm mampu mengurangi konsentrasi CO sebanyak 88,51 % dengan konsentrasi CO 189,97 ppm. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar ukuran diameter kawat lilitan yang digunakan, konsentrasi karbon monoksida semakin berkurang dan konsentrasi ozon semakin besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aulia, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Ozon, reaktor plasma DBD, insinerasi, diameter lilitan, elektroda spiral
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:39
Last Modified: 07 Feb 2022 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98235

Actions (login required)

View Item View Item