STUDI TINGKAT SERANGAN PENYAKIT TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI KECAMATAN GUNUNG TUJUH DAN KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

Novia, Rimenda (2021) STUDI TINGKAT SERANGAN PENYAKIT TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI KECAMATAN GUNUNG TUJUH DAN KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kopi merupakan komoditas perkebunan di Indonesia yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara tanaman perkebunan lainnya dan juga sebagai penghasil bagi devisa negara. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis patogen dan tingkat serangan penyakit tanaman kopi arabika. Metode penelitian secara survey. Sampel tanaman diambil secara acak terpilih (Purposive Random Sampling). Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Gunung Tujuh, Kayu Aro Kabupaten Kerinci dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Oktober-November 2020. Kriteria luas lahan lokasi penelitian ±1 ha, umur tanaman di atas 5 tahun dan telah berproduksi. Peubah yang diamati yaitu Penyakit pada tanaman kopi dan identifikasi pathogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis penyakit yang menyerang tanaman kopi arabika, yaitu penyakit karat daun (Hemileia vastatrix),penyakit bercak daun (Cercospora coffeicola), jamur upas (Corticium salmonicolor), dan mati pucuk (Rhizoctonia sp.). Serangan penyakit yang dominan ditemukan adalah penyakit bercak daun dengan presentase tertinggi yaitu sebesar 55% dan intensitas serangan tertinggi 32% di Kecamatan Gunung Tujuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulmira Yanti. S.Si.MP
Uncontrolled Keywords: Arabika, intensitas, kopi, penyakit, presentase
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:22
Last Modified: 28 Jan 2022 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98164

Actions (login required)

View Item View Item