Eksistensi Dan Peran Becak Motor (BENTOR) Sebagai Angkutan Umum Di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 1999-2019

NUR, MUHAMMAD (2021) Eksistensi Dan Peran Becak Motor (BENTOR) Sebagai Angkutan Umum Di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 1999-2019. Diploma thesis, -.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL NUR MUHAMMAD)
SKRIPSI FULL NUR MUHAMAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Eksistensi Dan PeranBecak Motor (Bentor) Sebagai Angkutan Umum Di Kecamatan Koto XITarusan, KabupatenPesisir SelatanTahun 1999―2019”.Penelitian ini memfokuskan pada peranan becak motor sebagai angkutan umum masyarakat Kecamatan Koto XI Tarusan. Dimulai dari adanya becak motor di Kecamatan Koto XI Tarusan pada tahun 1999 hingga becak motor mulai kehilangan eksistensi dan perannya sebagai angkutan umum di Kecamatan Koto XI Tarusan pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap penelitian. Pertama yaitu heuristik, mengumpulkan sumber-sumber serta data-data yang sekiranya diperlukan baik itu berupa arsip maupun data hasil wawancara, Keduakritik (verifikasi), memilah apakah sumber-sumber itu benar adanya, baik dari sisi internal maupun eksternal. Ketiga interpretasi, Keempat historiografi, penyajian hasil akhir dari penelitian yang disajikan dalam bentuk suatu karya ilmiah sejarah. Serta ada pun skripsi ini menggunakan sumber primer dan sekunder. Contoh yang merupakan sumber primer ialah foto, arsip dan sumber sekunder wawancara dengan masyarakat, para pengemudi becak motor serta orang-orang yang berkaitan dengan tema penelitian. Penelitian ini dibuat untuk melihat besarnya eksistensi dan peran becak motor (bentor) sebagai angkutan umum utama di Kecamatan Koto XI Tarusan dari tahun 1999 sampai pada tahun 2019. Becak motor memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat Koto XI Tarusan terutama bagi masyarakat kepulauan seperti Sungai Nyalo Mudiak Aia, Nagari Mandeh, Pulau Kapo-Kapo, dan Sungai Pinang. Masyarakat wilayah kepulauan di Kecamatan Koto XI Tarusan sampai tahun 2015 masih mengunakan alat transportasi laut sebagai transportasi utama. Hal ini dikarenakan jalur darat menuju wilayah tersebut dalam kondisi buruk untuk dapat ditempuh, sehingga dengan adanya becak motor sangat membantu aktifitas sehari-hari masyarakat di sekitaran Kecamatan Koto XITarusan. Pembangunan akses pariwisata pada Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh dan dibangunnya Jaringan Jalan Provinsi yang melewati Sungai Pinang, Sungai Nyalo Mudiak Aia, dan Nagari Mandeh menggeser eksistensi dan peran becak motor sebagai angkutan umum di Kecamatan Koto XI Tarusan. Bergesernya peran dan eksistensi becak motor sebagai angkutan umum di beberapa wilayah yang ada Kecamatan Koto XITarusan berpengaruh kepada sosial ekonomi dari pengemudi becak motor yang ada di Kecamatan Koto XITarusan. Kata Kunci: Transportasi, Angkutanumum, Becak motor, Perubahan, Kemiskinan, SosialEkonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Anatona, M.Hum.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:00
Last Modified: 27 Jan 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98087

Actions (login required)

View Item View Item